Supaya Ayah tidak Buncit Lagi

Gaya Hidup  
Supaya ayah tidak buncit lagi
Supaya ayah tidak buncit lagi

Ibu sedikit gemuk setelah melahirkan, normal. Namanya juga ibu menyusui yang mengalami lonjakan hormon sembilan bulan masa kehamilan hingga persalinan.

Ayah buncit setelah beristri dan punya anak? Ada teori yang menyebutkan ketika pria menemukan jodohnya, menikah, kemudian menjadi ayah dari seorang anak, dia merasa tidak perlu khawatir lagi mempertahankan fisiknya yang dahulu.

Masa sih? Pria yang belum menikah saja banyak yang buncit kok.

Sekali lagi, maksud tulisan ini bukan untuk menghakimi. Justru tulisan ini akan membahas beberapa tips untuk mengurangi fenomena ayah buncit di rumah.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Beberapa saran berikut memungkinkan ayah tidak hanya memperbaiki bentuk tubuh, melainkan meningkatkan ikatan (bonding) bersama si kecil.

1. Ayo lari!

Ayah, stroller bayi bukan cuma buat ibu. Ayah bisa menggunakan kereta bayi sambil jalan sehat atau jogging di taman. Apalagi banyak stroller sekarang didesain mempertimbangkan orang tua yang aktif bergerak.

Banyak kereta bayi memiliki roda besar yang bisa mengakomodasi pelari tercepat sekali pun. Roda besar memungkinkan kereta bayi bisa bergerak lebih cepat.

2. Bersepeda

Ini bagus untuk ayah. Tambahkan tempat duduk bayi di batang sepeda, kemudian berkelilinglah bersama si kecil.

3. Cross fit di rumah

Ada banyak gerakan cross fit yang bisa dipraktikkan ayah di rumah. Sebagian gerakannya bahkan bisa dilakukan dengan anak.

Kalau ayah punya lebih dari satu anak, anggap itu bonus tambahan karena bobotnya bisa berubah setiap putaran. Latihan cross fit bagus dilakukan minimal 16 menit di rumah.

4. Yoga di halaman belakang

Yoga bukan cuma buat ibu. Tidak ada alasan ayah tidak bisa yoga di rumah. Untuk mengurangi perut buncit ayah, berikan sentuhan kardio pada gerakan yoga.

Ketika si kecil ikut serta, pertimbangkan membawa beberapa mainan kesayangannya supaya anak tidak terus menerus mengganggu ayah yang sedang yoga. Mainan-mainan tersebut bisa menyibukkan anak.

5. Rapikan taman dan potong rumput sendiri

Sekiranya ayah punya rumah dengan taman atau halaman rumput, jangan menyerahkan perawatannya kepada tukang kebun. Lakukan sendiri dan anggap itu olah raga.

Banyak manfaatnya loh. Potong rumput 20-30 menit setara dengan olah raga aerobik. Apalagi kalau ayah mengenakan kaos buntung dan celana pendek, sekalian berjemur dan mendapatkan vitamin D.

Vitamin D secara klinis terbukti meningkatkan energi, gairah seksual, mengurangi gatal pada jenggot, dan melancarkan metabolisme tubuh.

6. Makan cerdas

Ayah, tolong kontrol makanannya di rumah. Perut buncit sedikit banyak pasti dipengaruhi makanan.

Ayah tidak boleh malas makan sayur dan buah. Banyak minum air putih dan perhatikan porsi karbohidratnya. Nasi satu magic com jangan dihabiskan ya, ayah.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Parenting dan lifestyle blogger yang senang menuangkan kisahnya di www.muthebogara.blog

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image