Selami Dunia Penulis Profesional Bersama Platform Kuncie

Gaya Hidup  
Penulis profesional, salah satu profesi mompreneur.
Penulis profesional, salah satu profesi mompreneur.

Perempuan itu cerewet. Laki-laki itu pendiam. Stereotip ini sejak dahulu dipercaya budaya kita hingga sebuah buku laris di Amerika berjudul The Female Brain oleh Louann Brizendine, seorang profesor dan psikiatri dari University of California, San Fransisco jadi best seller dunia.

Di buku terbitan 2006 itu, Prof Louann bilang perempuan butuh bicara tiga kali lebih banyak dari lawan jenis. Kalau perempuan bisa bicara hingga 20 ribu kata per hari, laki-laki hanya tujuh ribu kata per hari.

Sebagai perempuan, saya pun sadar bahwa saya bicara lebih banyak dari suami saya. Nah, bagaimana cara saya menuangkan 20 ribu kata per hari itu dengan cara positif dalam keseharian? Salah satunya dengan menulis.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sejak 2019, saya memutuskan resign dari sebuah perusahaan media di Jakarta dan memulai kehidupan sebagai ibu rumah tangga juga blogger di Pulau Dewata, kemudian pindah ke Surabaya sampai sekarang menetap di Bekasi. Sederhananya, saya belajar menjadi mompreneur di mana pun berada.

Puas menjalani kehidupan sebagai jurnalis hampir satu dekade, saya menantang diri menjadi penulis dan editor buku. Saya pun bergabung sebagai editor lepas di dua penerbit, yaitu penerbit swasta dan penerbit institusi pendidikan di Bogor.

Sialang & Tualang, novel solo pertamaku.
Sialang & Tualang, novel solo pertamaku.

Kurang lebihnya saya mengeditori tiga buku per tahun dan sejak 2023 perdana saya menerbitkan novel solo berjudul Sialang & Tualang, menyusul Sephilove yang insyaallah akan diterbitkan 2024.

Jadi penulis profesional bersama Platform Kuncie

Ada yang bilang, jangan cepat puas dengan pencapaian hari ini. Saya berinisiatif meningkatkan skill sebagai penulis profesional dengan mengikuti mentorship bersama Dee Lestari, salah satu penulis best seller Indonesia.

Maret 2023, saya mendaftar kursus online bersertifikat dan mulai belajar pengembangan keterampilan kerja di dunia kepenulisan bersama Mbak Dee melalui platform Kuncie. Alumninya sudah lebih dari dua ribu orang.

Dee Lestari, penulis buku best seller Indonesia.
Dee Lestari, penulis buku best seller Indonesia.

Sebagai bagian dari Indibiz, Kuncie adalah platform edukasi melalui kursus online, video pembelajaran, live webinar, dan mentorship bersama pakar dan ahli di bidangnya. Mbak Dee berbagi metode yang dia bangun dari hasil pengalaman dan uji coba sepanjang 20 tahun berkarier sebagai penulis profesional.

Waktu itu saya mengambil dua kelas, yaitu Kelas Dasar Menulis Fiksi Cara Dee Lestari dan Kaizen Writing Class melalui Zoom Online selama sepekan dengan durasi dua jam untuk satu kali pertemuan.

Materinya super duper lengkap dan Mbak Dee menyajikannya dengan cara yang sangat terstruktur, lengkap dengan lembar latihan di tiap sesi pertemuan.

Mentorship dengan Dee Lestari
Mentorship dengan Dee Lestari

Berkat Kuncie, saya belajar membangun ide menjadi karya, seni bercerita, peta cerita, cara menghidupkan cerita dan karakter dalam sebuah buku, metode riset, swasunting profesional hingga disiplin kaizen.

Hal apa saja yang penting untuk saya cermati ketika ingin menjadi penulis profesional? Apa saja perbaikan yang perlu diterapkan agar kemampuan menulis saya terus bertumbuh? Semua disampaikan di sini.

  Beberapa motivasi Dee di Kaizen Writing Class
Beberapa motivasi Dee di Kaizen Writing Class

Kelasnya sangat eksklusif dengan tiga metode pembelajaran, yaitu self learning, live in class learning, dan Q&A session. Saya dan peserta lain mendapat materi dan sertifikat yang bisa diakses seumur hidup di platform ekosistem digital dunia usaha Indibiz Telkom ini.

Bersama hampir 200 peserta angkatan kedelapan, kami didampingi Mbak Dee begitu sabar. Sepekan rasanya masih kurang. Saya masih haus dengan ilmu-ilmu kepenulisan dari beliau sehingga berharap bisa mengambil kelas baru bersama beliau dengan materi berbeda tentunya.

Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-58, Telkom Indonesia secara resmi mengenalkan Indibiz dalam Digiland 2023 yang digelar 8-10 Juli di Istora Senayan Jakarta.

Indibiz adalah layanan internet dari Telkom Indonesia yang memudahkan akses komunikasi dan informasi untuk pengembangan bisnis usaha kecil mikro (UKM) lebih baik lagi. Kuncie, itu baru satu bagian dari ekosistem Indibiz.

Kuncie, salah satu platform di Indibiz Education.
Kuncie, salah satu platform di Indibiz Education.

Selain Kuncie, inovasi produk Indibiz lainnya adalah Indibiz Pay, solusi digital untuk proses pembayaran dan Pijar, solusi digital untuk ekosistem pendidikan.

Ada Omni Channel Assistant (OCA) untuk komunikasi terintegrasi dan IOT Envion, solusi digital untuk industri perhotelan.

Logee, solusi digital untuk sektor logistik. Solusi monitor jaringan yang komprehensif untuk semua pelaku usaha seperti produk Netmonk, Layanan Satu, dan TEMS MDM. Banyak kan?

Jadi, kalau kamu pelaku usaha atau entrepreneur yang membutuhkan solusi pengembangan bisnis, silakan manfaatkan beragam inovasi Indibiz.

Apa saja keuntungannya?

● Indibiz didesain khusus untuk kebutuhan bisnis UKM

● Prosesnya end-to-end dan dapat dipantau melalui MyIndibiz

● Ketersediaan jaringan di seluruh Indonesia karena bermitra dengan Telkom Group.

MyIndibiz
MyIndibiz

Sejauh ini, sudah 64 juta unit usaha di Indonesia memanfaatkan Indibiz. Ini menunjukkan keseriusan Telkom menggarap segmen B2B untuk mendukung performa UKM di Tanah Air.

Indibiz bersiap membawa bisnis UKM go digital go global melalui empat pilar solusi. Pertama, solusi platform dan layanan digital. Kedua, kolaborasi dengan start-up dan para developer yang fokus untuk solusi kemajuan UKM.

Ketiga, kolaborasi solusi pembiayaan dengan lembaga keuangan. Keempat, kolaborasi bersama komunitas dunia usaha untuk meningkatkan produktivitas bisnis.

Digiland 2023 Dorong UKM Go Digital Go Global

Sebanyak empat ribu peserta meramaikan Digiland 2023 hari pertama akhir pekan ini. Digiland 2023 menghadirkan multievent, mulai dari festival musik, pameran teknologi, pameran UKM binaan, dan lima sesi konferensi dengan berbagai topik inspiratif.

Pada sesi Elevation Your Future, Digiland 2023 menghadirkan Direktur Utama Telkom Indonesia, Bapak Ririek Adriansyah bersama Founder & CEO Dektos Digital Corbuzier, Deddy Corbuzier serta Wakil II Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo.

Direktur Utama Telkom, Ririek Ardiansyah.
Direktur Utama Telkom, Ririek Ardiansyah.

Ketiganya berbagi insight tentang perkembangan pendidikan dunia kerja berikut tantangan Indonesia di masa depan melalui akselerasi perkembangan teknologi digital sekarang ini.

Pada sesi Elevating Your Business, Digiland 2023 mengundang Direktur Utama Smesco Indonesia (Leonard Theosabrata), Founder Hijacks Sandals (Zaky Winata), Direktur Operasional, Digital dan Teknologi Informasi PT Permodalan Nasional Madani (Sunar Basuki), dan Owner Onty Cake & Bakery (Trias Wahyu Arditya) sebagai UKM binaan Rumah BUMN Telkom.

Mereka berbagi tentang pengembangan bisnis UKM di Indonesia untuk go digital dan go global.

Terakhir, pada sesi Elevation Your Passion, Digiland 2023 menghadirkan Direktur Digital Business Telkom (Muhamad Fajrin Rasyid), Founder Narasi (Najwa Shihab), dan content creator (Nex Carlos dan Fiki Naki).

Booth Indibiz Experience
Booth Indibiz Experience

Pelaku usaha ramai mendatangi booth Indibiz Experience. Acara yang berlangsung tiga hari itu memberi pengalaman langsung bagi pelaku usaha tentang inovasi dan cara kerja ekosistem solusi digital dunia usaha Indonesia dari Indibiz.

Yuk, kepo-in Indibiz lewat berbagai platform media sosialnya. Insyaallah, unit usahamu bakal lebih naik kelas.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Parenting dan lifestyle blogger yang senang menuangkan kisahnya di www.muthebogara.blog

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image