Manfaat Menggabungkan Keuangan Setelah Menikah

Uang  
Manfaat menggabungkan keuangan setelah menikah
Manfaat menggabungkan keuangan setelah menikah

Menikah hanyalah awal membangun kehidupan bersama. Salah satu bagian terpenting pernikahan adalah pasangan belajar bagaimana mengelola keuangan dengan baik untuk mencapai tujuan bersama.

Pemahaman finansial yang sama antara pasangan itu penting. Setelah menikah, urusan finansial yang tadinya masing-masing menjadi bersama.

Ada pasangan yang akhirnya mempertimbangkan menggabung keuangan bersama, tetapi ada juga yang lebih suka melakukannya sendiri-sendiri.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Apa maksud menggabungkan keuangan setelah menikah?

Keputusan menggabungkan keuangan setelah menikah artinya pasangan menggabungkan rekening bank, aset, tagihan, dan tanggungan keuangan lainnya dengan pasangan.

Kita akan membuka rekening bersama, menambahkan pasangan sebagai penerima manfaat atau pemilik rumah, mobil, asuransi jiwa, dan sebagainya. Pokoknya kita berdua menjadi administrator akun rekening tersebut.

Manfaat menggabungkan keuangan setelah menikah

Banyak manfaat bisa kita dapatkan ketika memutuskan menggabungkan keuangan setelah menikah. Pernah nonton serial web Layangan Putus? Salah satu episode memperlihatkan Kinan melacak mutasi rekening Aris suaminya yang dicurigai berselingkuh.

Banyak penonton heran bagaimana bisa Kinan melacak rekening atas nama Aris? Jawabannya adalah kemungkinan besar Aris dan Kinan menggabungkan keuangan mereka setelah menikah dan memiliki rekening bersama. Ini hanya satu dari sekian banyak manfaat menggabungkan keuangan setelah menikah.

1. Kepercayaan pasangan meningkat

Ketika kita menggabungkan keuangan setelah menikah, kita berkomunikasi baik dengan pasangan. Kita berdua menjadi bagian dari setiap keputusan finansial keluarga ke depan.

Artinya pasangan harus berkompromi dan bekerja sama mengarahkan kemana saja uang nantinya pergi. Kepercayaan antara pasangan semakin meningkat.

Salah satu pasangan lebih kecil kemungkinan berselingkuh secara finansial, kecuali Aris yang diam-diam membuka rekening bank baru tanpa sepengatahuan Kinan.

2. Akuntabilitas

Ketika kita menggabungkan keuangan setelah menikah, pasangan akan menjadi mitra dan saling mengingatkan jika salah satu kita memiliki kebiasaan berbelanja yang berlebihan.

Asumsinya pasangan sudah menyusun perencanaan keuangan dan anggaran bersama-sama. Artinya pasangan harus tetap berada di jalurnya untuk mencapai tujuan finansial masa depan.

Mungkin akan ada beberapa diskusi keuangan yang tidak nyaman. Namun, kita bisa menemukan solusi dan kesepakatan bersama.

3. Kehidupan rumah tangga lebih mudah

Dengan rekening bersama. urusan keuangan sehari-hari jauh lebih mudah. Kita bisa membayar tagihan, mengelola anggaran, dan merencanakan tujuan finansial lebih mudah ketimbang memisahkan dua penghasilan.

Apabila salah satu pasangan mendapat musibah, misalnya meninggal dunia, pasangan yang masih hidup bisa tetap mengakses keuangan tanpa perlu bersusah payah mengurusi dokumen.

Jika kita ingin menggabungkan keuangan setelah menikah, lakukan percakapan ini jauh hari sebelum menikah. Cobalah duduk bersama dan bicara empat mata.

Seperti apa kehidupan pernikahan yang kita impikan 5-10 tahun mendatang? Di mana kita akan tinggal? Kapan suami atau istri pensiun kerja? Apakah ingin beli rumah atau selamanya tetap sewa rumah?

Kita bisa bahas apa saja selama terkait dengan tujuan finansial masa depan. Biarkan ide dan impian kita mengalir bersama.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Parenting dan lifestyle blogger yang senang menuangkan kisahnya di www.muthebogara.blog

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image