Daftar Sayuran untuk MPASI yang Kaya Zat Besi

Parenting  
Sayuran untuk MPASI sebaiknya kaya zat besi
Sayuran untuk MPASI sebaiknya kaya zat besi

Sayuran untuk MPASI sangat banyak jenisnya. Namun, sayuran yang baik untuk MPASI adalah jenis-jenis dengan kandungan zat besi tinggi.

Selama ini kita tahu daging dan produk hewani lainnya sebagai sumber utama zat besi. Ini memicu kekhawatiran banyak orang tua, khususnya anak yang tidak terlalu suka daging dan ikan, atau anak dengan orang tua yang mengikuti pola makan vegetarian.

Zat besi heme pada produk hewani memang lebih mudah diserap tubuh dibanding zat besi yang terkandung dalam produk nabati. Namun, bukan berarti kondisi ini menyebabkan bayi dengan orang tua vegetarian misalnya mengalami defisit zat besi selama mereka memerhatikan kecukupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sayuran untuk MPASI yang Kaya Zat Besi

Zat besi sangat penting karena anak membutuhkannya untuk memproduksi hemoglobin, protein yang membantu sel darah merah mengangkut oksigen ke sekuruh tubuh. Anak yang kekurangan zat besi bisa mengalami anemia defisiensi besi.

Manfaat lain zat besi adalah mendukung metabolisme otot, perkembangan jaringan ikat, otak, membantu tubuh menyintesis hormon, dan mempertahankan fungsi sel-sel tubuh.

Berikut enam jenis sayuran untuk MPASI yang kaya zat besi.

1. Bayam

Bayam adalah sayuran untuk MPASI yang mengandung satu miligram (mg) zat besi per 28 gram porsi. Jangan lupa, karena bayam adalah nabati, maka penyerapan zat besinya kurang maksimal.

Kita bisa menyiasati dengan cara menambahkan makanan mengandung vitamin C saat mengolah bayam, misalnya tomat. Tujuannya supaya tubuh anak menyerap zat besi lebih baik.

2. Brokoli

Kandungan zat besi pada brokoli mencapai 0,2 mg per 28 gram porsi. Takaran zat besi dalam sayuran untuk MPASI satu ini memang lebih rendah dari sayuran lainnya, tetapi kita bisa menerapkannya sebagai variasi menu MPASI. Sajikan brokoli dalam bentuk sup dicampur sayuran lain yang kaya zat besi.

3. Kubis kol

Kebanyakan orang menyajikan kubis kol sebagai lalapan. Cobalah sajikan kubis kol sebagai campuran sup untuk anak. Sayuran untuk MPASI ini mengandung 0,94 mg zat besi per 200 gram porsi.

4. Buncis

Buncis salah satu sayuran terlezat yang disukai bayi untuk MPASI. Buncis mengandung 0,7 mg zat besi per 100 gram porsi.

Sayuran satu ini juga tinggi protein, mencapai 24 gram per 100 gram porsi, serta kaya karbohidrat sekitar 7,2 gram per 100 gram porsi.

5. Lamb's lettuce

Ini salah satu sayuran untuk MPASI yang diimpor dan mungkin belum begitu familiar di Indonesia. Lamb's lettuce atau Valerianella locusta disebut juga corn salad atau mache lettuce. Kandungan zat besinya cukup tinggi, yaitu 2 mg per 100 gram porsi.

6. Kacang-kacangan

Kacang hijau rebus mengandung 2,46 mg zat besi per cangkir. Kandungan zat besi tinggi ini menjadikan kacang hijau sebagai bahan kudapan tepat untuk si kecil.

Selain kacang hijau, ada juga lentil, kacang polong, kacang merah, kacang hitam, dan kedelai. Lentil mengandung 6,6 mg zat besi per 198 gram porsi. Kacang-kacangan juga sumber folat, magnesium, dan potasium yang baik untuk bayi.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Parenting dan lifestyle blogger yang senang menuangkan kisahnya di www.muthebogara.blog

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image