Makanan Terbaik untuk Ibu yang Sedang Hamil Kembar

Parenting  

Suatu hari ketika saya dinyatakan mengandung anak kembar, salah satu pertanyaan muncul di kepala adalah saya harus makan apa supaya tumbuh kembang kedua janin ini sempurna?

Oke lah, saya akan makan makanan bergizi. Saya tidak akan gengsi makan banyak, jika itu diperlukan. Namun, berapa idealnya berat badan saya yang sedang hamil kembar ini?

Beberapa waktu lalu saya membaca artikel yang ditulis Amber Massey, seorang ahli diet di Texas Health Plano. Amber berbagi pengalaman pribadinya tentang nutrisi saat mengandung anak kembar.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Makanan Terbaik untuk Ibu Hamil Kembar

Ternyata tantangan nomor satu dari kehamilan kembar adalah memenuhi kebutuhan kalori dan protein. Nah, masalahnya banyak perempuan hamil mengalami morning sickness hebat di trimester pertama. Akibatnya mereka kesulitan makan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

1. Makanan dengan kalori cukup

Ibu dengan kehamilan kembar dianjurkan mengonsumsi kalori lebih banyak dari ibu yang hamil tunggal. Asupan kalori harian yang direkomendasikan untuk ibu hamil kembar berdasarkan indeks massa tubuh (BMI) adalah 40-45 kilokalori (kkal) per kilogram (kg).

Kalau berat badan saya saat hamil adalah 50 kilogram, artinya saya perlu mengonsumsi rata-rata 2.000-2.250 kalori per hari. Angka ini lebih mudah diucapkan daripada dipraktikkan.

Penuhi kebutuhan kalori dan protein pada kehamilan kembar/ Foto: Republika
Penuhi kebutuhan kalori dan protein pada kehamilan kembar/ Foto: Republika

Berikut beberapa contoh tabel kalori makanan per porsi berdasarkan anjuran Kementerian Kesehatan RI.

Kandungan kalori pada makanan pokok berupa nasi putih adalah 175 kalori, jagung rebus 90,2 kalori, kentang rebus 166 kalori, lontong 38 kalori, singkong rebus 146 kalori, dan ubi rebus 125 kalori.

Kandungan kalori bubur adalah 44 kalori, makaroni 91 kalori, roti tawar 128 kalori, nasi uduk 506 kalori, bihun goreng 296 kalori, kentang goreng 211 kalori.

Ada juga gado-gado (295 kalori), ketoprak (153 kalori), pempek (384 kalori), rawon (331 kalori), soto ayam (101 kalori), dan tongseng (331 kalori).

Bagaimana dengan buah-buahan? Ini bagus dikonsumsi oleh ibu hamil yang sering mual dan muntah supaya kebutuhan kalorinya tetap terpenuhi.

Kandungan kalori pada alpukat adalah 85 kalori, disusul anggur 60 kalori, melon 46 kalori, pir hijau 105 kalori, pisang ambon 74,2 kalori, pisang mas 11 kalori, pisang raja 126 kalori, sirsak 55 kalori, mangga harum manis 90 kalori, dan lengkeng 79 kalori. Durian montong memiliki kandungan kalori tinggi, yaitu 134 kalori, kemudian rambutan 69 kalori, dan sawo 92 kalori.

Berapa kandungan kalori sayuran?

Sop bayam mengandung 78 kalori, sedangkan sop mutiara jagung mengandung 113 kalori. Lainnya sayur acar kuning 53 kalori, sayur bening bayam 18 kalori, cah labu siam 41,6 kalori, sayur asam 88 kalori, sayur lodeh 61 kalori, tumis buncis 151 kalori, tumis kacang panjang plus jagung 118 kalori, setup kentang buncis 95 kalori, dan sebagainya.

2. Makanan dengan protein cukup

Protein sangat penting untuk pertumbuhan bayi dalam kandungan. Sumber protein hewani, termasuk susu, telur, unggas, daging merah, dan ikan sangat bagus dikonsumsi ibu dengan kehamilan kembar.

Tubuh kita lebih cepat menyerap protein hewani dibanding sumber-sumber non-hewani. Saya pernah bertanya pada dokter saya, apakah saya tetap bisa makan ikan laut dan seafood karena khawatir terpapar merkuri?

Dokter kandungan saya menjawab, ikan laut silakan dikonsumsi, tetapi batasi seafood, terutama kerang.

Beberapa perempuan yang sedang hamil kembar mungkin mual dan muntah ketika makan protein hewani. Mereka biasanya akan beralih ke protein nabati, seperti tahu, tempe, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Bagaimana cara mengatasi morning sickness berkepanjangan saat hamil kembar?

· Minum obat untuk mencegah mual dan muntah. Biasanya obat ini diresepi dokter kandungan.

· Makan kudapan lebih sering untuk memenuhi kebutuhan kalori.

· Minum jahe hangat atau air dingin dengan sedikit perasan lemon.

· Hindari makanan yang terlalu berminyak.

Makan makanan utuh

Tubuh kita bukan cuma membutuhkan kalori dan protein. Nutrisi terbaik adalah kunci untuk setiap kehamilan.

Beberapa nutrisi lain yang tak kalah penting dikonsumsi ibu yang sedang hamil kembar adalah kalsium, seng, magnesium, zat besi, asam lemak omega-3, antioksidan, vitamin D, C, dan E.

Makanan utuh ini bisa kita dapatkan dari kudapan-kudapan sehat tadi. Jangan lupa, bila perlu rutin konsultasikan asupan yang kita konsumsi dengan dokter kandungan kita.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Parenting dan lifestyle blogger yang senang menuangkan kisahnya di www.muthebogara.blog

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image