Lima Senjata Dapur Ini Mudahkan Food Preparation

Gaya Hidup  


Kita semua pernah memasak terburu-buru. Penyebabnya banyak, salah satunya terlambat bangun, sementara suami segera berangkat kerja dan anak-anak pergi sekolah.

Peralatan Dapur untuk Food Preparation

Sebagai ibu, kita kadang melupakan satu dua langkah saat memasak. Entah itu kita lupa memasukkan garam ke dalam masakan, lupa menambahkan jahe ke dalam campuran bumbu, atau mengulek cabainya kurang halus.

Semua tidak akan terjadi jika kita bisa mengefisiensi waktu dengan berinvestasi pada lima peralatan dapur yang bisa menjadi senjata andalan saat melakukan food preparation di rumah.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Blender

Blender umumnya terbuat dari teko plastik atau kaca. Beberapa blender bahkan terbuat dari stainless steel.

Tutup blender memiliki segel yang mencegah makanan atau cairan terciprat keluar saat blender bergerak. Motor blender memiliki kecepatan bervariasi yang memutar dua atau empat bilah pisau baja tahan karat yang tajam.

Blender umumnya terbuat dari teko plastik, kaca, dan stainless steel/ Foto: Republika
Blender umumnya terbuat dari teko plastik, kaca, dan stainless steel/ Foto: Republika

Blender peralatan dapur paling banyak digunakan untuk membuat jus, smoothies, es krim, pie, isian kue, juga memblender aneka bumbu dapur.

2. Microwive

Pagi, siang, terlebih malam hari ketika kita ingin menikmati makanan dalam hitungan menit, kita tak perlu sibuk memasak di dapur. Cukup ambil makanan hasil food preparation yang kita siapkan jauh hari, kemudian masukkan ke dalam microwave untuk dipanaskan.

Microwave untuk memanaskan makanan hasil food preparation/ Foto: Republika
Microwave untuk memanaskan makanan hasil food preparation/ Foto: Republika

Jauh lebih simpel lagi jika kita memiliki microwave multifungsi yang bisa menjadi oven, air fryer, hingga broiler.

3. Slicer

Slicer salah satu peralatan dapur yang digunakan untuk memotong sayuran. Alat ini memungkinkan kita untuk mengiris bawang, ketimun, lobak, dan sayuran lain dengan mudah dalam hitungan detik saja. Beberapa slicer bahkan bisa dipakai untuk mengiris roti juga keju.

Slicer atau parutan untuk bumbu dapur/ Foto: Pixabay
Slicer atau parutan untuk bumbu dapur/ Foto: Pixabay

Pilihlah slicer yang diameternya minimal delapan centimeter (cm). Ini ukuran rata-rata kenyaman menggunakan.

4. Peeler

Peeler adalah alat pengupas kulit buah dan sayur. Kita jauh lebih cepat menyelesaikan tugas mengupas ketimun, kentang, wortel, labu siam, ubi, bengkoang, apel, pir, buah serta sayuran berkulit lainnya dengan peeler ketimbang pisau dapur.

Peeler untuk mengupas buah dan sayur/ Foto: Pixabay
Peeler untuk mengupas buah dan sayur/ Foto: Pixabay

Ada dua bahan mata pisau peeler, yaitu stainless steel dan keramik. Stainless steel memiliki tingkat ketajaman paling baik, meski rentan berkarat dan tumpul.

Peeler tipe T merupakan bentuk paling ideal. Ada juga peeler tipe I yang bisa digunakan sebagai pisau buah. Pilihlah peeler yang mudah digenggam.

5. Pressure cooker

Pressure cooker lebih dikenal dengan nama panci presto. Ini adalah panci menggunakan panas dan uap bertekanan tinggi untuk memasak atau melunakkan bahan makanan lebih cepat.

Panci presto mempersingkat waktu untuk mengolah daging/ Foto: Republika
Panci presto mempersingkat waktu untuk mengolah daging/ Foto: Republika

Panci presto mempersingkat waktu kita saat membuat olahan daging, misalnya daging sapi, daging ayam, iga, atau tulang. Daging-daging tadi bisa empuk dalam sekejap.

Bisa dibayangkan berapa lama waktu dibutuhkan untuk melunakkan daging jika kita merebusnya dengan panci biasa. Panci presto bisa melakukannya kurang dari 20 menit. Apalagi kita tidak perlu mengeceknya setiap waktu.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Parenting dan lifestyle blogger yang senang menuangkan kisahnya di www.muthebogara.blog

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image