Food Preparation Pas Pandemi Bikin Hidup Lebih Simpel

Gaya Hidup  

Covid-19 secara dramatis mengubah cara kita menjalani hidup beberapa tahun terakhir. Kita yang tadinya tidak pernah pusing memikirkan soal makanan, mau makan apa tinggal beli di luar, sekarang berbalik kalau bisa menyiapkan semuanya di rumah.

Kita ingin mengonsumsi makanan sehat dan meminimalisir risiko tertular virus. Terus menerus beli makanan di luar bukan solusi terbaik karena virus varian baru potensial berkembang di luar sana.

Tak ada yang lebih menyenangkan dari membuka kulkas di pagi hari dan menemukan tumpukan wadah berisi makanan matang tersusun rapi di dalamnya. Makan pagi, makan siang, dan makan malam, kita tinggal pilih mau yang mana.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Food preparation adalah proses menyiapkan bahan makanan mentah, bisa juga makanan matang untuk dikonsumsi sepekan dalam satu hari. Kita bisa meluangkan waktu satu hari, entah Sabtu atau Ahad untuk berada di dapur.

Manfaat Food Preparation Selama Pandemi

Food preparation ide terbaik untuk kita yang sepanjang hari tetap sibuk bekerja dari rumah. Jangan sampai kesibukan tersebut membuat kita lupa makan dan akhirnya mengabaikan kesehatan.

Apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dengan food preparation untuk sepekan?

1. Hemat anggaran

Mau pakai kalkulator mana pun, memasak makanan di rumah tetap jauh lebih hemat dibanding beli makan di luar atau beli makanan online. Uangnya bisa kita gunakan untuk membeli keperluan lain yang jauh lebih penting.

Food preparation juga salah satu kunci sukses ibu rumah tangga yang ingin mengefisiensi pengeluaran bulanan.

2. Hemat waktu

Cukup dengan meluangkan waktu 1-3 jam pada Sabtu atau Ahad pagi untuk menyiapkan bahan makanan atau memasak makanan jadi di dapur, kita punya lebih banyak waktu siang hingga malam harinya bersama teman, keluarga, atau me time menonton acara favorit.

Hari-hari sibuk bisa membuat kita lelah dan stres. Food preparation di rumah atau kostan berarti kita tak membuang waktu percuma hanya untuk pergi ke minimarket untuk beli makanan instan atau bahan masakan, mengantre di kasir, atau duduk manis di rumah makan menunggu pelayan datang mengantar makanan.

3. Lebih sehat

Siapa di sini yang punya kalender diet alias sedang program menurunkan berat badan? Food preparation untuk sepekan salah satu ide terbaik.

Kita bisa mengukur sendiri berapa kalori, protein, karbohidrat yang dibutuhkan setiap hari. Kita memegang kendali atas jenis makanan yang masuk ke tubuh kita. Food preparation berarti kita memasukkan makanan ke dalam wadah saji yang memungkinkan kita mengontrol porsi.

Food preparation solusi cerdas selama pandemi/ Foto: Republika
Food preparation solusi cerdas selama pandemi/ Foto: Republika

Jangan abaikan tiga aturan yang perlu diperhatikan sebelum makan atau melakukan food preparation selama pandemi ini, yaitu:

· Cuci tangan sebersih mungkin sebelum menyiapkan makanan di dapur, terutama saat kita selesai batuk atau bersin, pergi ke toilet, juga sebelum makan dan minum.

· Kita bisa menggunakan hand sanitizer, tetapi ini hanya bekerja pada tangan yang relatif bersih. Sebaiknya jangan gunakan hand sanitizer sebagai pengganti cuci tangan.

· Siapkan makanan secara higienis. Ini penting untuk mencegah penularan infeksi bakteri dan virus apa pun, bukan cuma Covid-19.

Bahan makanan apa saja yang bagus untuk food preparation selama sepekan?

Pertama, buah utuh. Contohnya apel, pir, jeruk, pisang, bengkoang, dan buah ceri. Kedua, sayuran segar, seperti wortel, kembang kol, kubis, buncis, brokoli, daun bawang, dan seledri.

Ketiga, sayuran beku. Ini biasanya cocok bagi kita yang suka kacang-kacangan, seperti edamame, jagung kupas, lentil, almond, kacang polong, dan kacang tanah.

Keempat, protein. Contohnya ayam, daging sapi, telur, ikan laut, ikan air tawar, tahu, dan tempe.

Kelima, bumbu jadi. Kita bisa membuat sambal cabai, sambal tomat, bumbu kuning, bumbu putih, dan bumbu merah, sesuai dengan menu yang hendak dimasak.

Sisanya kita tinggal menyusun daftar menu masakan yang enak dan simpel. Kita tinggal bereksperimen di dapur, misalnya membuat olahan ayam kecap, ayam goreng, kering tempe, telur rebus, tahu mun, ikan pesmol, ikan asam manis, dan sebagainya. Selamat mencoba.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Parenting dan lifestyle blogger yang senang menuangkan kisahnya di www.muthebogara.blog

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image