Empat Aplikasi Ngabuburit Virtual Bersama Teman dan Keluarga

Gaya Hidup  

Hanya karena kita melakukan physical distancing bukan berarti kita tidak bisa tetap terhubung dengan orang lain. Kita tinggal mengkreasikan bagaimana cara kita terhubung satu sama lain melalui sosialisasi jarak jauh.

Pertemuan virtual menggunakan perangkat ponsel cerdas atau laptop salah satu caranya. Kita bisa bertemu dengan rekan-rekan melalui panggilan suara dan video.

Kita bisa saling berbagi cerita, lagu, pertemuan komunitas, dan menjaga orang-orang terkasih supaya tetap dekat. Teknologi bisa melakukannya dengan mudah, dari jarak jauh, dan dalam banyak kasus, GRATIS.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Apa saja aplikasi gratis untuk pertemuan virtual dalam jumlah banyak, lebih dari dua orang?

1. Zoom

Ada empat cara kita bisa menggunakan Zoom, tetapi dua paling populer, yaitu basic (gratis), dan pro (berbayar). Zoom basic memungkinkan kita menampung peserta hingga 100 peserta dalam satu pertemuan virtual, tetapi maksimal 40 menit.

Dengan Zoom pro, kita bisa menyelenggarakan pertemuan virtual hingga 24 jam. Untuk menggunakan Zoom, kita cukup klik tombol SIGN IN atau DAFTAR, dan atur akun kita. Setelah masuk, kita bisa memulai rapat baru, menjadwalkan pertemuan, atau bergabung dengan satu pertemuan.

Kita juga bisa menjadwalkan rapat di lain waktu dengan mengklik tombol SCHEDULE atau JADWALKAN, kemudian kita akan ditanyai tanggal dan durasi rapat. Selanjutnya kita bisa memberikan undangan Zoom Meeting ke peserta. Pada tanggan dan waktu rapat, peserta akan bergabung dengan semua peserta.

2. Facebook Messenger

Pilihan lain untuk mengadakan pertemuan virtual adalah Facebook Messenger. Kita bisa melakukan obrolan video dengan grup atau satu lawan satu dengan teman.

Cukup buka grup atau percakapan satu lawan satu di Messenger, kemudian ketuk ikon kamera berwarna biru.

3. Google Hangouts

Google Hangouts adalah aplikasi yang lagi naik daun untuk smartphone, laptop, dan komputer. Aplikasi ini memungkinkan pengiriman pesan video dengan muda, hingga 10 orang sekaligus.

Uniknya Google Hangouts adalah kita bisa memasang aplikasi ini di beberapa perangkat sekaligus, seperti ponsel, tablet, atau komputer. Kalau awalnya kita pakai ponsel, lalu tiba-tiba ingin pindah ke laptop, sangat bisa. Kita bisa online di beberapa perangkat sekaligus.

Buka laptop lalu cari hangout.google.com atau langsung saja buka Hangouts di Gmail. Kalau kita punya ekstensi Chrome Hangouts, Hangouts otomatis akan terbuka di jendela baru.

Klik tombol VIDEO CALL atau PANGGILAN VIDEO, masukkan atau pilih nama rekan, atau masukkan nama email rekan kita. Undangan akan dikirim ke emua orang yang ingin kita hubungi. Kita juga bisa menambahkan emoji dan foto.

4. Skype

Skype pernah jaya pada masanya dan sampai saat ini masih ada yang masih setia menggunakannya. Skype memang aplikasi pertemuan virtual klasik.

Skype menyediakan layanan panggilan video dan konferensi secara gratis. Siapa saja bisa menggunakan Skype.

Sudah siap? Mari kita tetap terhubung dengan orang-orang lebih baik dari sebelumnya. Selamat berpuasa dan ngabuburit virtual bersama teman dan keluarga.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mom blogger yang menjadikan ketiga anaknya inspirasi utama dalam menulis.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image