Tren Gamis Muslim untuk Seragam Lebaran Keluarga Tahun 2022

Gaya Hidup  
Gamis Muslim/ Foto: Pixabay
Gamis Muslim/ Foto: Pixabay

Pandemi oh pandemi, entah kapan benar-benar pergi dari Indonesia ini. Tahun ini adalah tahun ketiga kita berlebaran dalam situasi pandemi. Meski demikian kita harus bersyukur bahwa angka penambahan kasus positif Covid-19 mulai melandai.

Namun, siapa yang tak ingin memberi reward diri sendiri dengan pakaian pantas di hari Lebaran? Siapa yang tak ingin mengenakan baju baru di hari kemenangan? Ada kalanya kita ingin tampil sederhana, tetapi kompak dengan keluarga besar.

Orang-orang, terutama kaum hawa mulai berpelesir sejak sebelum puasa ke Tanah Abang, Thamrin City, hingga pusat-pusat grosir di berbagai kota, tak terkecuali adik perempuan dan ibu saya. Mereka mencari bahan kain dan pakaian Muslim untuk seragam lebaran keluarga di Hari Idul Fitri.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kondisi yang masih belum stabil membuat kami semua tak bisa ikut ke tempat belanja. Kami hanya berkomunikasi lewat panggilan video ketika adik dan ibu saya menemukan bahan kain yang bagus misalnya. Sambungan wi-fi cepat dan internet stabil sangat membantu komunikasi kami.

Namanya juga perempuan ya, pasti banyak pertimbangan memilih bahan kain, mulai dari jenis, warna, hingga tingkat keademan. Perbedaan pendapat pasti ada, tetapi jangan sampai diskusi online bahan baju Lebaran jadi sumber perdebatan di grup chat keluarga. Semua harus disukai bersama.

Ketika kita membahas busana Lebaran, satu hal tak pernah ketinggalan adalah mempertimbangkan tren baju Muslim terbaru tahun ini. Bagi keluarga yang tengah mempertimbangkan busana bertema gamis, berikut adalah tren baju Muslim mode gamis untuk Lebaran 2022 yang bisa menjadi pertimbangan.

1. Gamis motif bunga untuk keluarga dengan anak perempuan

Dahulu orang umumnya mengenal gamis adalah baju Muslim dalam satu warna. Kondisinya sekarang berbeda. Banyak baju gamis memiliki motif, salah satunya motif bunga.

Pilihan gamis motif bunga sangat cocok untuk keluarga yang di dalamnya lebih banyak memiliki anak remaja perempuan. Kita bisa memilih gamis motif bunga dengan kombinasi polos berbahan sifon.

Gamis motif bunga/ Foto: Pixabay
Gamis motif bunga/ Foto: Pixabay

Model gamis motif bunga bisa dikenakan ke acara kasual hingga formal, termasuk Hari Raya Idul Fitri 2022.

2. Gamis pastel untuk keluarga yang ingin tampil anggun

Warna pastel memberi kesan feminin dan anggun. Model satu ini selalu jadi tren sepanjang tahun dan selalu menjadi pertimbangan kaum hawa.

Gamis pastel/ Foto: Pixabay
Gamis pastel/ Foto: Pixabay

Jika putih kita rasa terlalu mencolok di hari lebaran, maka pakailah gamis pastel. Suasananya pasti lebih hangat. Selain Lebaran, gamis berwarna pastel bisa juga dipakai saat formal.

3. Gamis brokat untuk keluarga yang ingin tampil mewah

Kita harus pandai memilih bahan brokat. Ini salah satu bahan gamis yang menjadi pilihan ibu saya. Brokat membuat perempuan Muslim tampak mewah dan elegan.

Kita bisa mengombinasikan kain brokat dengan kain satin atau batik. Pasti hasilnya cantik.

Gamis brokat/ Foto: Pixabay
Gamis brokat/ Foto: Pixabay

Gamis brokat di luar Lebaran bisa dikenakan untuk acara formal, seperti menghadiri acara pernikahan. Tak heran kain-kain brokat selalu laku keras setiap tahun.

4. Gamis kimono untuk perempuan yang ingin tampak langsing

Perempuan yang dilabeli plus size women biasanya berpikir dua kali untuk mengenakan gamis. Namun, mereka bukannya tak bisa mengakali dengan memilih gamis kimono.

Ya, gamis kimono bisa membuat perempuan tampak lebih langsing. Gemuk bukan berarti kita tak bisa tampil cantik mengenakan gamis.

Gamis kimono/ Foto: Pixabay
Gamis kimono/ Foto: Pixabay

Begitulah yang sering saya lihat di sejumlah channel fesyen pada layanan televisi interaktif, seperti IndiHome dan lainnya. Gamis kimono biasanya menggunakan pita atau tali yang bisa diikat di bagian depan. Ini bisa menyamarkan bagian pinggang kita supaya terlihat lebih ramping.

5. Gamis dengan luaran panjang untuk perempuan praktis

Salah satu alasan sebagian perempuan malas mengenakan gamis adalah merepotkan saat mengenakan dan melepaskannya karena tampilannya satu setelan dari atas sampai bawah.

Gamis luaran panjang/ Foto: Pixabay
Gamis luaran panjang/ Foto: Pixabay

Solusi untuk perempuan yang ingin pakai gamis praktis adalah memilih gamis mode luaran panjang. Ini sama halnya dengan kita memakai rompi atau jubah, tetapi ukurannya panjang dari atas sampai bawah.

Bagaimana? Adakah yang tertarik dengan salah satu model gamis di atas? Silakan berbagi di kolom komentar ya. Terima kasih.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mom blogger yang menjadikan ketiga anaknya inspirasi utama dalam menulis.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image