Tips Decluttering untuk Pemula

Gaya Hidup  
Decluttering membiasakan kita hidup minimalis
Decluttering membiasakan kita hidup minimalis

Hidup sederhana adalah pilihan terbaik. Sering kali kita kewalahan, gelisah, dan khawatir berlebihan ketika memiliki lebih sedikit barang.

Deklarasikan diri untuk menerapkan hidup minimalis. Ada banyak manfaat memiliki lebih sedikit harta benda, salah satunya membersihkan hunian dan diri.

Bagaimana caranya menerapkan decluttering untuk pemula?

1. Mulailah lima menit setiap hari

Jika kita baru mengenal decluttering, praktikkan secara perlahan di rumah. Bangun kebiasaan ini pelan-pelan, mulai dari lima menit setiap harinya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Kurangi satu item per hari

Ketika kita menyortir satu item per hari, artinya dalam setahun kita berhasil mengurangi 365 barang di rumah. Jika kita meningkatkannya menjadi dua item per hari, artinya kita berhasil mengurangi 730 barang selama setahun.

Tambah terus jumlahnya ketika kita semakin terbiasa dengan kebiasaan ini.

3. Isi kantong sampah sampai penuh

Sisihkan kantong sampah dengan barang-barang yang masih bisa digunakan orang lain. Kita bisa menyumbangkannya kepada pihak yang membutuhkan. Paling gampang kita sumbangkan ke bank sampah.

4. Sumbangkan pakaian yang tidak terpakai

Singkirkan pakaian yang jarang dipakai atau bahkan tidak pernah kita sentuh. Untuk mengidentifikasinya, gantung seluruh pakaian menggunakan gantungan baju.

Setelah kita pakai satu baju, kemudian dicuci, lipat, tidak digantung lagi. Setelah sebulan, lihat baju mana saja yang masih tergantung dan kita tetapkan sebagai baju yang tidak lagi digunakan.

5. Pakai sistem 12-12-12

Temukan 12 barang untuk dibuang, 12 barang untuk disumbangkan, dan 12 barang untuk kembali kita gunakan di rumah.

6. Ambil foto sebelum dan sesudah

Pilih satu bagian di rumah kita, misalnya kamar tidur atau dapur. Ambil foto di area kecil yang kondisinya masih berantakan.

Berikutnya singkirkan beberapa barang yang ada dalam foto tersebut yang sekiranya tidak begitu terpakai, lalu ambil fotonya. Bandingkan dua foto, sebelum dan sesudahnya. Mana yang memberi kesan nyaman dalam hati kita?

7. Minta bantuan teman

Mintalah seorang teman atau anggota keluarga datang ke rumah dan menyarankan barang-barang mana saja yang bisa kita buang atau berikan pada orang lain.

Jika kita ingin mempertahankan satu barang, minta pendapat teman atau keluarga kita tersebut, apa alasan mereka harus setuju dengan alasan kita? Jika mereka tidak setuju, inilah saatnya menyingkirkannya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mom blogger yang menjadikan ketiga anaknya inspirasi utama dalam menulis.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image