Sayuran Berikut Efektif Tangkal Covid-19

Gaya Hidup  
Cegah covid-19 dengan makan sayuran hijau
Cegah covid-19 dengan makan sayuran hijau

Sekelompok peneliti dari Johns Hopkins Children's Center melaporkan bukti eksperimen laboratorium yang mengejutkan. Penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Nature Communications Biology pada 18 Maret 2022 ini menunjukkan sulforaphane adalah bahan kimia berasal dari sayuran yang bisa menghambat replikasi SARS-Cov-2 atau coronavirus yang menyebabkan covid-19 pada sel tikus.

Covid-19 telah membunuh lebih dari enam juta orang di seluruh dunia. Namun demikian peneliti mengingatkan masyarakat agar tidak buru-buru membeli suplemen mengandung sulforaphane yang tersedia di apotek dan toko online. Prekursor alami sulforaphane sangat melimpah pada empat jenis sayuran, yaitu brokoli, kubis, kangkung, dan kubis brussel.

Awalnya tim ilmuwan mengidentifikasi sulforaphane sebagai senyawa kemopreventif. Ternyata itu adalah sulforaphane yang memiliki sifat antikanker dan infeksi dengan menganggu proses seluler tertentu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Saya sedang menyaring beberapa senyawa untuk aktivitas anticoronavirus dan memutuskan mencoba sulforaphane karena menunjukkan reaksi luar biasa terhadap agen mikroba yang sedang kami pelajari.," kata ahli mikrobiologi Johns Hopkins Children's Center, Lori Jones-Brando, dilansir dari Science Daily.

Para peneliti menggunakan sulforaphane sintetis murni yang dibeli dari pemasok bahan kimia komersial dalam eksperimen mereka. Tim mula-mula mengekspos sel tikus dengan sulforaphane selama satu hingga dua jam sebelum menginfeksi sel tersebut dengan SARS-Cov-2 dan virus flu biasa, yaitu HCoV-OC43.

Peneliti menemukan konsentrasi mikromolar dari sulforaphane mengurangi replikasi virus covid-19 hingga 50 persen dari enam strainnya, termasuk varian delta, omicron, dan virus corona HCoV-OC43.

Peneliti juga memeriksa efek sulforaphane ketika dikombinasikan dengan remdesivir, obat antivirus yang digunakan untuk mempercepat pemulihan orang dewasa dengan infeksi covid-19 di rumah sakit. Hasilnya remdesivir menghambat 50 persen replikasi HCoV-OC43 dan SARS-CoV-2.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mom blogger yang menjadikan ketiga anaknya inspirasi utama dalam menulis.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image