Tips Melakukan Pemotretan Bayi Baru Lahir Sendiri di Rumah

Parenting  
pemotretan bayi baru lahir
pemotretan bayi baru lahir

Kehadiran anak dalam sebuah keluarga merupakan momen paling menakjubkan dalam hidup. Usia si kecil begitu berharga, tetapi cepat berlalu.

Sebagai orang tua, kita ingin mengenang hari-hari pertama si kecil. Rasanya penting menangkap seluruh detail manisnya anak dalam usia masih hitungan bulan.

Beberapa orang memilih menyewa fotografer profesional untuk memotret bayinya. Beberapa orang memilih melakukannya sendiri.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Berikut beberapa tips memotret bayi baru lahir sendiri di rumah.

1. Temukan lokasi foto terbaik

Lokasi foto yang ideal untuk bayi baru lahir adalah ruang lapang dan cerah. Setidaknya cahaya bisa masuk dari dua sudut, sehingga menghasilkan tampilan foto lebih rata dan bayangan lebih sedikit.

Pastikan perut bayi sudah kenyang. Susui bayi sebelum difoto.

2. Kenali pengaturan kamera digital

Pahami dasar-dasar fotografi dan kenali pengaturan kamera ponsel atau kamera digital kita.

Jika kita ingin hasil lebih baik, bisa juga memeriksa beberapa aplikasi kamera untuk menyempurnakan gambar akhir. Biasanya aplikasi ini menyediakan pengaturan gambar lebih tepat.

3. Siapkan ruang sebelum bayi masuk

Rapikan tempat tidur, buka tirai, sediakan perlengkapan foto si kecil di dalam ruangan, sebelum membawanya masuk.

Siapkan studio foto darurat sebaik mungkin. Usahakan tidak terlalu banyak orang dan suara dalam ruangan. Jangan sampai membuat bayi stres.

4. Matikan semua lampu

Pemotretan bayi baru lahir sebaiknya dilakukan pada siang hari. Matikan semua lampu. Cahaya alami adalah cahaya terbaik.

Andalkan jendela atau pintu terbuka untuk menerangi ruangan. Jika kondisinya terlalu gelap, jauh lebih baik menunda pemotretan.

5. Gunakan apa yang kita punya

Boneka binatang atau mainan favorit memang penyangga yang bagus untuk bayi, tetapi pertimbangkan menggunakan apa yang kita punya yang mungkin terlihat bagus di kamera.

Mungkin kita tergoda untuk memasukkan sebanyak mungkin item ke dalam frame, tetapi foto terbaik adalah foto sederhana yang hanya menggabungkan 1-2 item saja.

6. Ambil gambar sebanyak mungkin

Salah satu hal terbaik dari fotografi digital adalah kita tidak pernah mubazir atau kehabisan film. Jadi, ambil foto bayi sebanyak mungkin dengan beragam pose.

Cobalah berbagai sudut berbeda untuk masing-masing pose. Kita di akhir tinggal memilih dan menemukan ekspresi dan gambar terbaik.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mom blogger yang menjadikan ketiga anaknya inspirasi utama dalam menulis.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image