Tips Pinjam Uang ke Orang Tua tanpa Merasa seperti Anak Kecil

Uang  
Tips meminjam uang pada orang tua (Foto: Canva)
Tips meminjam uang pada orang tua (Foto: Canva)

Sejak bekerja dan berpenghasilan, anak tidak pernah lagi minta uang kepada orang tua. Begitu menikah, cita-cita berumah tangga setinggi langit, misalnya pasangan ingin membeli rumah.

Sayangnya uang tabungan tak cukup, bahkan untuk menutup biaya down payment alias uang muka pembelian rumah. Hal yang mungkin tidak pernah lagi kita lakukan bertahun-tahun lalu, sekarang kita lakukan, yaitu menghubungi ayah dan ibu untuk meminjam uang mereka.

Bagaimana cara terbaik meminjam uang ke orang tua?

1. Jujur jika kita dalam kondisi darurat

Kita boleh meminjam uang ke orang tua jika kondisinya darurat atau pilihan lain tidak lagi tersedia. Jujur adalah cara terbaik.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Berterus terang kepada orang tua, pinjaman tersebut akan kita gunakan untuk apa? Buat beli rumah, buat investasi, buat jalan-jalan, buat uang mahar pernikahan, apa pun itu sampaikan dengan jujur.

 

2. Lihat waktu terbaik

Pilih waktu terbaik untuk bicara dari hati ke hati. Hanya karena mereka adalah orang tua, bukan berarti kita membicarakan rencana pinjaman ini sesuka hati. Bicaralah layaknya kita sedang pertemuan bisnis dengan klien.

Beri tahu orang tua kita ingin bertemu dan membahas hal serius. Tidak ada orang tua yang suka dengan berita mendadak, seperti anak yang tiba-tiba ingin pinjam uang untuk beli rumah.

3. Ini adalah pinjaman, bukan gratisan.

Tidak ada yang gratis di dunia ini. Walau pun pinjaman ke orang tua berbunga nol persen, sebagai anak kita harus bertanggung jawab terhadap utang.

Bicaralah dengan jelas kapan kita akan mengembalikan uang pinjaman tersebut seluruhnya. Jika kita ingin menyicil, sampaikan mulai kapan kita menyicilnya dan berape besaran cicilannya secara berkala. Jangan membuat janji yang tak bisa ditepati.

4. Hormati keputusan orang tua

Tidak semua jawaban orang tua setuju atau mengiyakan anaknya yang hendak meminjam uang. Kita harus menghormati pandangan orang tua, meski negatif sekali pun.

Apabila orang tua menolak, terima, dan tak perlu menanyakan alasannya. Jangan merespons orang tua bagaikan musuh.

Tetap perlakukan mereka dengan baik karena bagaimana pun mereka adalah orang tua kita yang harus dihormati.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Parenting dan lifestyle blogger yang senang menuangkan kisahnya di www.muthebogara.blog

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image