Istri tak Lagi Bekerja, Bagaimana Cara Mengatur Penghasilan?

Uang  
Istri resign, bagaimana cara mengatur penghasilan?
Istri resign, bagaimana cara mengatur penghasilan?

Tidak semua pasangan menikah mengandalkan suami sebagai pencari nafkah. Zaman sekarang di saat kebutuhan serba meningkat, satu keluarga tak jarang mengandalkan keuangan bersama di mana suami dan istri sama-sama bekerja.

Tiba-tiba karena alasan sudah punya anak, atau anak sudah lebih dari satu, istri akhirnya resign dari pekerjaannya yang sekarang. Rumah tangga yang tadinya berpenghasilan double menjadi single. Bagaimana selanjutnya pasangan beradaptasi?

Dilansir dari Fatherly, founder Yardley Wealth Management, Michael Garry mengatakan apa pun yang dianggap pasangan bisa untuk mengefisiensi pengeluaran, maka lakukan. Garry menyarankan pasangan untuk melacak pengeluaran enam bulan terakhir untuk memetakan pengeluaran.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Di sinilah sedari awal pentingnya pencatatan keuangan. Kita bisa mengetahuinya, misalnya dengan menggunakan aplikasi pencatatan keuangan.

 

Kedua, periksa buku tabungan atau laporan kartu kredit (jika ada). Ini untuk mengetahui kemana saja kita membelanjakan uang.

Buat daftar semua pengeluaran, seperti cicilan rumah, cicilan mobil, asuransi, biaya pendidikan anak, biaya makan, dan variabel lainnya selengkap mungkin.

Ketiga, bandingkan penghasilan tunggal saat ini dengan pengeluaran kasar. Ini memberi kita gambaran lebih baik tentang berapa banyak idealnya pengeluaran bulanan setelah istri tak lagi bekerja.

Cari pengeluaran yang bisa dipangkas, sehingga kita tak lagi mengalami defisit bulanan. Memotong anggaran yang tidak terlalu diperlukan tidak hanya menyelamatkan kita hari ini, tetapi jangka panjang.

Ketika nanti misalnya istri kembali bekerja atau bisa berpenghasilan dari rumah, pasangan sudah terbiasa menerapkan kebiasaan finansial yang sehat. Mereka bisa mengisi kembali pundi-pundi tabungan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Parenting dan lifestyle blogger yang senang menuangkan kisahnya di www.muthebogara.blog

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image