Tips Menyelamatkan Kulit Wajah yang Kelebihan Retinol

Gaya Hidup  
Efek samping kelebihan retinol
Efek samping kelebihan retinol

Retinol pada dasarnya kandungan luar biasa untuk kecantikan kulit wajah karena bisa menyamarkan garis-garis halus, meningkatkan kolagen, meratakan pigmentasi, memudarkan bintik hitam, bahkan memerangi jerawat. Retinol sering ditambahkan dalam rutinitas perawatan kulit wajah sebelum pernikahan.

Namun, tidak semua kulit wajah cocok dengan retinol. Ada beberapa efek samping yang menyertainya jika kita menggunakan berlebihan.

Dokter kecantikan dari Woodford Medical Aesthetics, Mervyn Patterson mengatakan kelebihan retinol memicu aktivitas pembelahan sel terlalu banyak. Sejumlah besar sel kulit yang beregenerasi naik ke permukaan kulit tak beraturan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Reaksi kulit biasanya mulai mengelupas, karena lipid untuk mengikatnya belum terbentuk di wajah. Tanpa lipid, produk perawatan kulit wajah apa pun tidak bisa membantu, sehingga kulit kita menjadi sensitif, perih, dan kemerahan.

Cara memerangi efek samping retinol

Langkah pertama adalah jangan panik. Hentikan penggunaan retinol dan hindari produk perawatan kulit lainnya yang juga mengandung retinol.

Patterson mengatakan penting menghindari produk yang memperburuk kondisi wajah yang kelebihan retinol, seperti asam dan eksfoliator. Retinol membuat kulit wajah lebih sensitif terhadap sinar UV, sehingga penting untuk memakai SPF 50 setiap hari.

"Jaga kulit dari sinar matahari sebanyak mungkin selama masa penyembuhan," kata Patterson, dilansir dari Brides.

Sebaiknya kita menghindari penggunaan kosmetik dan riasan wajah sementara sampai rasa sakit dan kemerahan berkurang. Untuk alas bedak dan concealer, carilah produk berbahan dasar silikon, sebab produk tersebut tidak akan menembus atau bereaksi pada kulit yang kelebihan retinol.

Kapan kita kembali menggunakan retinol?

Beri kulit wajah waktu untuk beristirahat. Ketika wajah sudah sembuh seperti sedia kala, mulai gunakan kembali dengan produk mengandung retinol dalam volume rendah.

Patterson mengatakan awal yang baik adalah 0,3 persen retinol. Gunakan hanya dua kali sepekan, kemudian perlahan tingkatkan pemakaian dari waktu ke waktu. Hindari polesan pada area sekitar mata, bibir, dan lipatan sekitar sisi hidung.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Parenting dan lifestyle blogger yang senang menuangkan kisahnya di www.muthebogara.blog

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image