Kapan Bayi Boleh Makan Es Krim?

Parenting  
Bayi boleh makan es krim setelah berumur satu tahun
Bayi boleh makan es krim setelah berumur satu tahun

Semua orang suka es krim, mulai dari anak kecil sampai dewasa. Rasanya susah menolak kudapan manis satu ini.

Es krim mungkin tampak seperti suguhan menyenangkan untuk bayi kita, dan kita sebagai orang tua kadang berpikiran hendak memberikannya untuk anak.

Jadi, kapan bayi boleh makan es krim untuk pertama kalinya?

Beberapa pendapat mengatakan bayi sudah boleh mencoba es krim pada usia enam bulan, tetapi dokter anak di La Peer Pediatrics Beverly Hills, California, Lauren Crosby mengatakan orang tua sebaiknya menunggu hingga bayi berumur 12 bulan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Mungkin tidak berbahaya jika bayi mencicipi sedikit es krim begitu berusia enam bulan, tetapi ada beberapa masalah potensial yang bisa terjadi," kata Crosby, dilansir dari Fatherly.

Es krim bisa jadi mengandung bahan-bahan berbahaya untuk bayi enam bulan, seperti madu dan beberapa alergen potensial. Bayi tidak boleh minum madu sebelum satu tahun karena berisiko keracunan botulisme.

Madu, sebut Crosby bisa mengandung bakteri penyebab botulisme. Oleh sebabnya bayi enam bulan sebaiknya belum diberikan madu.

Jika orang tua bersikukuh mencobakan es krim untuk bayi berumur kurang dari 12 bulan, bacalah komposisinya untuk memastikan es krim tidak mengandung madu.

Alergen umum lainnya yang bisa terkandung dalam es krim adalah kacang, selai kacang, produk susu dan turunannya. Jika bayi kita bereaksi sejak suapan pertama, mungkin akan sulit mengetahui alergen mana yang menyebabkan reaksi buruk tersebut.

Apakah kacangnya? Apakah susunya? Apakah produk turunan susunya, seperti yogurt dan keju? Oleh sebabnya orang tua sebaiknya menghindari es krim mengandung susu dan produk turunannya.

Crosby menambahkan orang tua juga perlu berhati-hati terhadap bahaya tersedak. Es krim ketika dibekukan akan menjadi keras, sehingga bisa membuat si kecil tersedak.

Apa pun jenis es krimnya, moderasi adalah kuncinya. Es krim tidak boleh menjadi makan rutin bayi karena terlalu banyak mengandung gula tambahan.

Anak-anak di bawah dua tahun, sebut Crosby sebaiknya menghindari makanan dengan gula tambahan. Makanan seperti ini kerap dikaitkan dengan risiko obesitas dan gigi berlubang, lalu penyakit jantung kemudian hari. Belum lagi ketika bayi kecanduan, sulit untuk mengatasinya, dan anak bisa menjadi pemilih makanan.

Kesimpulannya, walau pun si kecil berteriak minta es krim, berikan 1-2 sendok atau 1-2 gigitan saja. Jangan terlalu sering ya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Parenting dan lifestyle blogger yang senang menuangkan kisahnya di www.muthebogara.blog

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image