Spesies Ikan Kecil Bisa Deteksi Kekeringan

Lingkungan  
Shiner dan minnow bisa mendeteksi kekeringan
Shiner dan minnow bisa mendeteksi kekeringan

Ikan-ikan kecil ternyata bisa mendeteksi kekeringan. Perilaku satwa air ini sama dengan burung kenari yang menjadi indikator untuk melacak ketersediaan air di kawasan tambang batu bara.

Ilmuwan Texas A&M AgriLife Research melakukan penelitian dalam rangka melihat bagaimana spesies-spesies ikan kecil bereaksi terhadap gangguan aliran air di sungai dan anak-anak sungai. Mereka fokus pada dua jenis ikan, yaitu shiner dan minnow atau di Indonesia sebagian dikenal dengan nama tawes dan wader.

Ahli ekologi ikan di Departemen Ekologi dan Biologi Konservasi di Universitas Texas A&M, Joshuah Perkin mengatakan kedua jenis ikan ini sangat peka dan sensitif terhadap air. Hal ini bisa memengaruhi populasi mereka di sungai dan anak-anak sungai.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Shiner dan minnow memberi tahu kita banyak hal tentang kualitas dan kuantitas air, sama seperti kepekaan burung kenari terhadap kadar oksigen rendah di area pertambangan" kata Perkin.

Teknologi permodelan memungkinkan peneliti menggunakan data historis dan real-time mengenai skenario aliran air. Proyeksi ini dapat memandu kebijakan terkait konservasi air.

Ikan shiner dan minnow, sebut Perkin bisa menunjukkan tanda bahaya tentang kekurangan debit air dan keberadaan kontaminan beracun dalam perairan. Sensitivitas mereka memberi gambaran tentang apa yang kita lakukan ketika menemukan air langka atau kualitas air menurun.

Lebih lanjut ikan shiner dan minnow bisa mendeteksi periode kekeringan yang berkepanjangan di suatu daerah akibat perubahan iklim. Ikan-ikan ini merupakan penghubung penting antara ekosistem darat dan perairan.

Kekeringan memengaruhi habitat ikan-ikan kecil. Pertanian, rumah tangga, masyarakat, industri semuanya mengonsumsi air. Ini turut memengaruhi aliran air sungai dan anak-anak sungai sebagai salah satu sumber air baku utama kehidupan manusia.

Konsumsi air berlebihan dan perubahan lanskap lahan berkelanjutan, ditambah kekeringan dan cuaca ekstrem menentukan kan nasib ikan-ikan kecil ini ke depannya. Di Indonesia sendiri kita tidak selalu mudah mendapatkan tawes dan wader.

"Kita harus tahu bagaimana cara menjaga air di tengah perubahan lingkungan yang dinamis," ujar Perkin.

Mari bersama kita sadar akan ketersediaan air dan berupaya menghemat air sebisa mungkin.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Parenting dan lifestyle blogger yang senang menuangkan kisahnya di www.muthebogara.blog

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image