Apa Jadinya Kalau Pembalap MotoGP Punya Nama Lokal?

Gaya Hidup  

Pembalap MotoGP 2022 satu per satu sampai di Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid. Mereka akan mengikuti tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika, 11-13 Februari 2022.

Penggemar di Indonesia bersuka cita. Mereka merayakannya di berbagai platform media sosial, seperti Twitter dan Instagram.

Sirkuit Mandalika akan menghelat balapan perdana MotoGP di Tanah Air. Lintasan sepanjang 4,31 meter yang memiliki 17 tikungan itu akan menjadi penentu kemenangan pembalap MotoGP, seperti Fabio Quartararo, Marc Marquez, dan kawan-kawan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Di samping berkompetisi, para pembalap MotoGP tentu tak ketinggalan menikmati keindahan Lombok, salah satu destinasi pariwisata dunia yang berada di Indonesia. Mereka akan menjadi saksi daya tarik Nusantara di sektor pariwisata.

Nama Lokal Pembalap MotoGP 2022

Momen para pembalap MotoGP secara full team datang ke Indonesia tentu hanya terjadi 1-2 kali dalam setahun. Tak ada salahnya jika mereka kita hadiahi nama Indonesia supaya lebih melokal.

Tradisi pemberian nama lokal ini sudah sering dilakukan penggemar-penggemar idola K-pop di Tanah Air. Lalu, apa jadinya kalau pembalap MotoGP juga punya nama lokal? Kira-kira berikut nama lokal 10 pembalap terbaik MotoGP musim 2021 yang akan berlaga di Mandalika.

1. Fabio Quartararo alias Febi

Juara MotoGP 2021 ini sekarang membalap untuk Monster Energy Yamaha. Quartararo lahir di Prancis, 20 April 1999. Masih muda sekali ya? Saking mudanya Quartararo, dia sering disandingkan dengan Marc Marquez yang telah beberapa kali menjadi juara dunia.

Pembalap MotoGP 2022, Fabio Quartararo/ Foto: @fabioquartararo20
Pembalap MotoGP 2022, Fabio Quartararo/ Foto: @fabioquartararo20

2. Francesco Bagnaia alias Frans

Peco, demikian panggilan akrab pembalap MotoGP asal Italia ini. Peco sukses di Minimoto dan memenangkan kejuaraan MiniGP di Eropa pertama kalinya pada 2009. Awalnya Peco anggota Sky Racing Team VR46. Dia naik kelas 2021 menjadi tim inti pabrikan Ducati bersama Jack Miller.

Pembalap MotoGP 2022, Francesco Bagnaia/ Foto: @pecco63
Pembalap MotoGP 2022, Francesco Bagnaia/ Foto: @pecco63

3. Joan Mir alias Joni

Joan Mir Mayrata seorang pembalap MotoGP asal Spanyol. Mir pernah menjawarai Kejuaraan Dunia Moto3 2017 dengan Leopard Racing. Pria kelahiran 1 September 1997 ini meraih juara dunia MotoGP 2020 dengan tujuh podium dan satu kemenangan sepanjang musim tersebut.

Pembalap MotoGP 2022, Joan Mir/ Foto: @joanmir36official
Pembalap MotoGP 2022, Joan Mir/ Foto: @joanmir36official

4. Jack Miller alias Jamil

Jack Peter Miller adalah pembalap MotoGP asal Australia. Negara tetangga kita nih. Pria yang kampung halamannya di Townsville, Queensland ini pernah menjajal karier di sejumlah tim, seperti Aprilia, KTM, Honda, dan akhirnya berlabuh di Ducati bersama Pramac Racing.

Pembalap MotoGP 2022, Jack Miller/ Foto: @@jackmilleraus
Pembalap MotoGP 2022, Jack Miller/ Foto: @@jackmilleraus

5. Johann Zarco alias Joko

Pembalap MotoGP Prancis ini meraih dua gelar juara dunia Moto2 pada 2015 dan 2016. Zarco pertama kalinya menyihir penggemar MotoGP saat balapan musim 2017. Dia bermain sangat apik, meski sebagai tim satelit garputala Yamaha Tech3. Pada 2021 Zarco pindah ke Pramac Racing dan menjadi mitra Jorge Martin.

Pembalap MotoGP 2022, Johann Zarco/ Foto: @johannzarco
Pembalap MotoGP 2022, Johann Zarco/ Foto: @johannzarco

6. Brad Binder alias Badri

Brad Binder satu-satunya pembalap MotoGP Afrika Selatan yang masuk jajaran 10 pembalap terbaik 2021. November 2019 Binder menggantikan Johann Zarco yang meninggalkan pabrikan KTM di kelas MotoGP. Sampai saat ini Binder masih setia menjadi Dream Team KTM bersama Miguel Oliveira.

Pembalap MotoGP 2022, Brad Binder/ Foto: @bradbinder
Pembalap MotoGP 2022, Brad Binder/ Foto: @bradbinder

7. Marc Marquez alias Markus

Tahun 2021 memang bukan tahun terbaik Marc Marquez Alenta. Namun, juara MotoGP yang pernah menjadi pesaing terberat legenda Valentino Rossi itu tetap tampil gemilang dengan menempati peringkat tujuh klasemen tahun lalu. Marquez membela Repsol Honda sampai hari ini dan menjadi juara dunia MotoGP termuda sepanjang sejarah.

Pembalap MotoGP 2022, Marc Marquez/ Foto: @marcmarquez93
Pembalap MotoGP 2022, Marc Marquez/ Foto: @marcmarquez93

8. Aleix Espargaro alias Ale

Aleix Espargaró Villà adalah pembalap MotoGP Spanyol yang saat ini membela tim Aprilia. Aleix bersama saudara kandungnya, Pol Espargaró tercatat sebagai salah satu pasangan kakak adik pembalap MotoGP tersukes.

Pembalap MotoGP 2022, Aleix Espargaro/ Foto: @aleixespargaro
Pembalap MotoGP 2022, Aleix Espargaro/ Foto: @aleixespargaro

9. Jorge Martin alias Jordi

Jorge Martín Almoguera merupakan mantan juara Red Bull MotoGP Rookies Cup pada 2014. Pembalap asal Spanyol ini berkompetisi di seri MotoGP bersama Pramac Racing, tim satelit Ducati. Dia menyandang status Rookie of the Year tahun lalu.

Pembalap MotoGP 2022, Jorge Martin/ Foto: @88jorgemartin
Pembalap MotoGP 2022, Jorge Martin/ Foto: @88jorgemartin

10. Maverick Vinales alias Malik

Maverick Viñales Ruiz adalah pembalap MotoGP Spanyol. Tahun 2016 adalah tahun kebangkitan Vinales yang menjadikan Suzuki kembali mendapatkan taringnya di sirkuit balap MotoGP. Vinales sempat mencuri perhatian penggemar lewat penampilannya bersama Suzuki, hingga dilamar oleh Yamaha di tahun sama setelah akhir musim. Top Gun akhirnya berduet dengan Valentino Rossi kala itu.

Pembalap MotoGP 2022, Maverick Vinales/ Foto: @maverick12official
Pembalap MotoGP 2022, Maverick Vinales/ Foto: @maverick12official

Selamat melokal ya, kalian. Semoga sehat selalu dan selamat datang di Indonesia.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Parenting dan lifestyle blogger yang senang menuangkan kisahnya di www.muthebogara.blog

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image