Keinginan dan Kebutuhan, Apa Bedanya?

Uang  
Perbedaan antara kebutuhan dan keinginan
Perbedaan antara kebutuhan dan keinginan

Kita semua tahu ekonomi adalah ilmu sosial yang berhubungan dengan fungsi produksi, distribusi, dan konsumsi. Kita memilih dan mengalokasikan sumber daya supaya dapat digunakan sebaik mungkin demi memuaskan keinginan dan kebutuhan kita.

Istilah keinginan dan kebutuhan sering digunakan dalam ilmu ekonomi, tetapi pernahkah kita bertanya apa perbedaan keduanya?

Perbedaan antara Kebutuhan dan Keinginan

Orang-orang sering menggunakan istilah keinginan dan kebutuhan secara bergantian. Kebanyakan kasus keduanya seolah memiliki arti sama. Namun, sebenarnya perbedaan antara kebutuhan dan keinginan bisa segera diketahui.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Kebutuhan

Kebutuhan adalah sesuatu yang kita perlukan untuk bertahan hidup. Apabila kebutuhan tidak terpenuhi, kita tidak mampu berfungsi secara efektif dan efisien dalam hidup bermasyarakat.

Kebutuhan ada dua, yaitu objektif dan subjektif. Contoh kebutuhan objektif adalah makanan, air, tempat tinggal, udara, tagihan bulanan, asuransi kesehatan, pengobatan, laptop atau komputer. Contoh kebutuhan subjektif adalah harga diri, rasa aman, dan penerimaan.

2. Keinginan

Keinginan adalah sesuatu yang kita inginkan, baik yang bersifat segera atau untuk masa depan. Kebutuhan mayoritas orang sama, tetapi keinginan satu individu dengan individu lain biasanya berbeda.

Si A mungkin ingin memiliki mobil, sedangkan Si B lebih ingin traveling ke luar negeri. Contoh keinginan lainnya adalah hiburan, makan malam di luar rumah, beli rumah, langganan streaming musik, akun TV berlangganan, pakaian baru,

Masing-masing kita memiliki keinginan sendiri dengan level kepentingan berbeda-beda, juga bisa berubah setelah beberapa waktu.

Kalau kita masih bingung membedakan kebutuhan dan keinginan, bagaimana dong?

Gampang. Pertama, coba tanyakan pada diri kita, kira-kira kita bisa atau tidak bertahan hidup tanpa ini?

Kalau tidak bisa, artinya itu adalah kebutuhan. Kalau bisa, artinya itu sebatas keinginan.

Kedua, kira-kira jika ini tidak terpenuhi, apa yang bakal kita rasakan?

Kalau kita sekadar kecewa, artinya itu adalah keinginan. Kalau kita bisa sakit, bahkan sampai mati, artinya itu adalah kebutuhan.

Batas antara keinginan dan kebutuhan acap kabur. Mungkin kita kesulitan memisahkan pengeluaran ini masuk kategori mana.

Menabung, itu kebutuhan atau keinginan?

Beberapa ahli dan pakar perencana keuangan merekomendasikan bahwa menabung dan melunasi utang harus diprioritaskan, bahkan sebelum kita mengeluarkan uang makan bulanan dan sewa rumah.

Oke, sekarang sudah tahu perbedaan antara kebutuhan dan keinginan kan?

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Parenting dan lifestyle blogger yang senang menuangkan kisahnya di www.muthebogara.blog

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image