Lokasi Terbaik Melihat Perayaan Hari Raya Imlek 2022 di Bali

Wisata  
Kawasan Gadjah Mada pusat Hari Raya Imlek 2022 di Bali
Kawasan Gadjah Mada pusat Hari Raya Imlek 2022 di Bali

Enam tahun tinggal di Bali selama itu pula saya dan keluarga menyaksikan perayaan Hari Raya Imlek setiap tahunnya. Tahukah kamu? Budaya Bali secara sejarah dekat dengan budaya Cina. Tak heran jika masyarakatnya menyebut Imlek dengan Galungan Cina.

Hari Raya Imlek 2022 jatuh pada 1 Februari. Dua miliar orang di seluruh dunia, tak terkecuali masyarakat keturunan Tionghoa di Bali merayakan Tahun Baru Cina yang kali ini menjadi Tahun Macan Air.

Perayaan Hari Raya Imlek 2022 di Bali, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya berpusat di tengah Kota Denpasar, tepatnya Kawasan Kota Tua di Jalan Gadjah Mada. Ini juga tempat tinggal beragam etnis, mulai dari Cina, Arab, Jawa, Sulawesi, dan Bali.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kawasan Gadjah Mada biasanya dihiasi ornamen Imlek berwarna merah dan emas, seperti lampion, bendera, dupa, uang kertas, dan kembang api. Kawasan Gadjah Mada juga dikenal sebagai sentral ekonomi di Kota Denpasar.

Selebrasi ini biasanya bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kota Denpasar. Atraksi barong yang merupakan akulturasi Bali dan Cina ditampilkan sepanjang jalan menjelang tengah hari, mulai dari barongsai, barong macan, barong landung, barong bangkung, dan celuluk.

Di mana lokasi terbaik melihat perayaan Hari Raya Imlek 2022 di Bali?

Saya merekomendasikan Taman Kumbasari. Ini adalah taman sungai yang berada tepat di bawah jembatan di Jalan Gadjah Mada.

Sebaiknya kita ke sini menggunakan sepeda motor untuk memudahkan parkir. Kawasan Kota Tua di Jalan Gadjah Mada relatif sempit untuk parkir kendaraan roda empat.

Taman Kumbasari, lokasi epik menyaksikan Hari Raya Imlek 2022 di Bali
Taman Kumbasari, lokasi epik menyaksikan Hari Raya Imlek 2022 di Bali

Pengunjung bisa memarkir motor di areal parkir seberang Pura Melanting yang berada di antara Pasar Badung dan Pasar Kumbasari. Selanjutnya kita turun ke Taman Kumbasari yang berada di bawah jembatan, tempat mengalirnya Sungai (Tukad) Badung.

Menyaksikan atraksi barong Hari Raya Imlek 2022 di Bali dari Taman Kumbasari
Menyaksikan atraksi barong Hari Raya Imlek 2022 di Bali dari Taman Kumbasari

Menyaksikan iring-iringan barong melewati jembatan dari bawah taman memberi sensasi berbeda. Kita juga tak perlu berdesak-desakan memenuhi jalan, terlebih masih dalam suasana pandemi.

Hari Raya Imlek 2022 juga momen yang mempererat persaudaraan warga keturunan Tionghoa di Bali. Biasanya mereka bergotong royong membersihkan vihara, mulai dari altar hingga rupang.

Umat tua hingga muda menganggap kegiatan membersihkan rumah ibadah bersama sebagai cerminan penyucian diri sebelum Hari Raya Imlek 2022. Tahun ini tentunya membawa harapan baru dan keberuntungan baru bagi mereka.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Parenting dan lifestyle blogger yang senang menuangkan kisahnya di www.muthebogara.blog

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image