Tips Detoks Digital Lewat Diet Medsos

Gaya Hidup  
Digital detox/ Foto: olahan pribadi dengan Canva
Digital detox/ Foto: olahan pribadi dengan Canva

Manusia zaman sekarang, kalau urusan diet makan bisa dibilang gampang. Mereka pintar menghitung kalori, karbohidrat, protein, diet gluten, diet kasein, bahkan rela menjadi vegetarian asalkan berat badan cepat turun.

Namun, ketika mereka disarankan detoks digital dengan diet media sosial alias medsos, sepertinya sulit. Ada saja alasan menolaknya.

Tips Detoks Digital

Ada yang bilang kalau kita terlalu banyak memberi makan otak dengan informasi negatif dan paparan media sosial berlebihan, dampaknya buruk. Secara mental kita bisa cemas berlebihan, kecanduan, dan parahnya menimbulkan penyakit mental.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Itulah pentingnya detoks digital lewat media sosial. Berikut tips sukses diet medsos yang bisa dilakukan mulai dari sekarang.

1. Jangan bawa ponsel ke meja makan

Sebenarnya kita tidak sopan kalau membawa ponsel ke meja makan, terlebih saat makan bersama orang lain. Jam makan salah satu jam terlarang bermain medsos. Jadikan ini aturan dan patuhi.

2. Taruh ponsel di dashboard atau jok belakang mobil

Kita semua pernah melakukannya, buka ponsel saat menyetir atau menunggu lampu merah. Ini kebiasaan buruk, bukan sekadar membahayakan nyawa.

Hilangkan kebiasaan tersebut dengan meletakkan ponsel di dashboard atau jok belakang mobil yang jauh dari jangkauan. Kita bisa melewatkan waktu perjalanan dengan hal menarik lainnya, seperti mendengarkan musik atau podcast.

3. Hentikan kebiasaan posting secara real-time

Jurus ini umum dipakai blogger-blogger di Indonesia. Kita tidak harus mengunggah semua foto atau video secara real-time.

Kita bisa mengakalinya dengan menyimpan sebagai draft setelah mengedit, menyiapkan caption, dan unggah di waktu berbeda.

4. Tentukan dua waktu check-in

Detoks digital bisa dilakukan dengan mengatur jadwal check-in medsos. Kita bisa memilih pagi hari untuk mengecek seluruh akun medsos, kemudian log out setelahnya.

Silakan log in kembali kedua kalinya sore atau malam hari sebelum tidur. Tetapkan durasi, misalnya maksimal satu jam pagi hari dan satu jam malam hari.

5. Unfollow akun yang tidak perlu

Diet medsos semakin sukses mana kala kita tidak banyak mengikuti (follow) akun, terutama akun-akun yang tidak berfaedah. Semisal kita follow akun artis A misalnya, tanyakan pada diri kita, apa kita benar-benar perlu tahu si artis lagi ngapain, lagi makan apa, atau lagi sama siapa? Silakan dijawab.

6. Traveling dengan airplane mode

Cara terakhir detoks digital lewat diet medsos adalah melakukan perjalanan (traveling) dengan airplane mode. Kita bisa membuat ponsel dalam mode off selama berlibur, dan kembali on begitu selesai.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mom blogger yang menjadikan ketiga anaknya inspirasi utama dalam menulis.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image