Begini Cara Restoran Kurangi Food Waste

Lingkungan  
Kurangi food waste di restoran/ Foto: olahan pribadi dengan Canva
Kurangi food waste di restoran/ Foto: olahan pribadi dengan Canva

Food waste masih menjadi masalah lingkungan yang terus dihadapi sektor industri makanan dan minuman. Setiap hari berton-ton makanan terbuang percuma di restoran seluruh dunia.

Sebuah penelitian global menunjukkan sekitar 1,3 miliar ton makanan di restoran terbuang setiap tahun.

Atasi Food Waste di Restoran

Sampai hari ini semakin banyak restoran yang sadar lingkungan dan mengurangi limbah makanan dengan berbagai cara. Restoran yang bisa mengelola food waste bukan cuma membantu menyelamatkan Bumi ini.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Mereka juga berkontribusi mewujudkan ekosistem berkelanjutan, dan pada akhirnya bisa menghemat lebih banyak uang.

Berikut adalah strategi atau cara restoran mengurangi food waste.

1. Manajemen stok yang baik

Restoran perlu memanajemen inventaris atau stok bahan mereka dengan baik. Ini memungkinkan restoran mengidentifikasi berapa banyak makanan sisa terbuang, sehingga bisa dicarikan solusi, misalnya menyajikan dalam porsi lebih kecil, mengganti menu, atau meningkatkan kualitas menu.

2. Prediksi pesanan

Restoran memerlukan sistem yang bisa memprediksi makanan yang kira-kira akan banyak dipesan dengan akurat. Prediksi ini bisa didapatkan dengan cara manual atau bantuan teknologi digital.

Data yang didapatkan lebih akurat, sehingga restoran bisa mengontrol dapurnya lebih luas untuk mengurangi limbah makanan.

3. Libatkan staf

Staf restoran, apapun posisinya bisa menjadi food handler. Mereka adalah sumber daya berharga yang membantu restoran mengurangi food waste.

Staf dapur dan front of house adalah food handler terbaik. Bila perlu berinvestasi dengan memberi mereka pelatihan dan sertifikasi terkait.

4. Awasi kelebihan produksi

Banyak restoran memproduksi dan menyimpan makanan lebih banyak untuk menghemat waktu dan uang. Perhatikan jenis makanan apa yang kira-kira sering mengalami kelebihan produksi.

5. Re-cook makanan

Jangan serta merta membuang makanan yang kelebihan produksi. Selama tidak melampaui jadwal kedaluwarsa, mengapa tidak mengolah ayam ungkap menjadi menu ayam lain? Sayang sekali jika makanan tersebut langsung berakhir di tempat sampah, padahal masih bisa dire-cycle.

6. Bikin kompos

Sisa makanan yang sekiranya tidak bisa diselamatkan lagi bisa diolah untuk bahan kompos. Beberapa restoran menggunakan kompos dari dapur mereka untuk menyuburkan tanaman di kebun sayuran sendiri. Kompos tersebut bisa berperan menjadi pupuk alami untuk tanaman lain.

8. Daur ulang

Bahan-bahan daur ulang dari dapur restoran sebaiknya dikumpulkan. Jenisnya antara lain kertas, karton, kaleng, botol, plastik, dan wadah lainnya.

9. Sumbangkan

Ada banyak bank makanan (food bank) yang bisa menjadi mitra restoran untuk mengatasi food waste. Indonesia memiliki Food Bank of Indonesia, Garda Pangan Surabaya, Food Cycle Indonesia, Komunitas Zero Waste Indonesia, Komunitas Surplus Indonesia, Komunitas Slow Food Bali, Hunger Bank, dan Bandung Food Smart City.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Parenting dan lifestyle blogger yang senang menuangkan kisahnya di www.muthebogara.blog

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image