Jangan Jadi Toxic Gamer Berikut Enam Etika Dasar Pemain Game Online

Gaya Hidup  


Tata krama adalah pembeda manusia dengan makhluk lainnya. Pepatah ini berlaku untuk segala bentuk situasi dan interaksi sosial, termasuk saat bermain game online.

Sayangnya tata krama itu sendiri kerap diabaikan para gamer ketika bertanding di ranah virtual. Beberapa pemain berperilaku seolah mereka lupa lawan mereka juga manusia yang punya perasaan.

Etika Bermain Game Online

Jangan sampai kita berubah menjadi toxic gamer yang meninggalkan kesan buruk di mata orang secara keseluruhan. Berikut enam etika dasar pemain game online di seluruh dunia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Main sesuai aturan dan jangan curang

Mau kita main World of Warcraft, Mobile Legends, online poker, atau game online lainnya, penting untuk mematuhi aturan jika ingin terus bermain. Memang ada banyak aturan, tetapi satu hal yang sangat sederhana dan berlaku sama untuk semua game online di seluruh dunia, yaitu jangan curang.

Jadilah pemain yang baik/ Foto: olahan pribadi dengan Canva
Jadilah pemain yang baik/ Foto: olahan pribadi dengan Canva

Curang tidak hanya membuat kita dibenci pemain lain, tetapi juga memasukkan nama kita ke dalam daftar hitam yang berpotensi membuat kita tidak bisa bermain sama sekali. Kalau memang kita benar-benar ingin menikmati permainan, lebih baik berusaha supaya memiliki banyak pengalaman. Puasnya pasti beda ketika kita menang.

2. Beri waktu pemain baru belajar dengan caranya sendiri

Tidak peduli siapa pun dia, yang namanya new player alias pemain baru pasti awalnya amatir dan belum berpengalaman. Walau mereka kadang melakukan hal-hal yang menurut kita menjengkelkan dan salah, kita harus membiarkan mereka belajar dan menemukan kecepatannya sendiri.

Kalau ada pemain baru yang minta saran ke kita, beri masukan supaya mendorong mereka semakin pandai bermain.

3. Bercanda boleh, tapi jangan main kasar.

Wajar saja jika saat bermain game online seringkali sesama pemain bercanda. Kadang ada yang sedikit meledek, tetapi ada banyak pilihan kata bisa dipakai.

Jangan bermain kasar dan berkata kasar, seperti sumpah serapan dan mengeluarkan semua isi ‘kebun binatang.’ Kita harus menjaga ucapan supaya tidak dicap melanggar aturan.

4. Jangan jadi troll yang suka nge-spam

Trolls of internet bukan cuma ada di Indonesia. Keberadaannya sudah menjadi fenomena global.Troll adakah warganet, biasanya menggunakan akun anonim yang suka menyerang orang lain dengan komentar-komentar meresahkan.

Pada game online, troll kadang membanjiri chat game dengan teks, emoji, musik, dan suara yang sangat mengganggu. Kita jangan sampai jadi troll yang suka melakukan spam.

Mungkin menurut kita lucu, tetapi tidak semua orang bisa menerimanya. Bisa-bisa kalau kiriman kita mengganggu maka kita bisa diblokir otomatis oleh bot yang digunakan sebagian besar game online.

5. Belajar cara 'membisukan' pemain lain

Pastinya ada saja pemain game online yang menggunakan komunikasi suara untuk melecehkan orang lain. Kita tidak bisa mengontrol mereka sepenuhnya. Melaporkan mereka ke moderator game mungkin butuh waktu. Oleh sebabnya kita perlu belajar cara 'membisukan' pemain yang seperti ini supaya tidak terganggu dengan perilaku mereka yang konyol dan kasar.

Secara kebetulan ketika pemain seperti ini menjadi lawan kita, kita bisa menggunakan alat khusus untuk mengontrol obrolan pemain lain yang tak mengenakkan, tanpa harus melibatkan moderator game atau staf pendukung.

Bila perlu non-aktifkan saluran komunikasi dengan mereka. Jangan tunggu sampai kita emosi dan mendidih seperti air panas yang akhirnya membuat permainan kita menjadi buruk.

6. Bikin avatar yang tidak melanggar aturan

Pemain game online biasanya membuat gambar avatar untuk mewakili dirinya dalam permainan. Ada baiknya kita pikir dahulu sebelum menggunakan avatar yang dianggap tidak sopan dan menyinggung pihak tertentu.

Buatlah avatar yang aman dan tidak melanggar aturan. Jangan menyinggung SARA dan pornografi.

7. Menang atau kalah tetap sportif

Sehebat apapun kita bermain game online, selalu ada kemungkinan kalah. Jadilah pemain yang baik di mana menang atau kalah tetap sportif.

Hindari marah, emosi, menyalahkan rekan setim, atau menyakahkan lawan. Ucapkan selamat kepada pemain lain yang menang. Terima kekalahan dengan penuh semangat dan berjuang lagi di pertandingan berikutnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Parenting dan lifestyle blogger yang senang menuangkan kisahnya di www.muthebogara.blog

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image