Lokasi Glamping Bogor yang Dekat dari Ibu Kota

Wisata  


Glamping hadir dalam berbagai bentuk akomodasi. Ada yang berupa tenda lonceng, tenda dome biasa, tenda safari, atau kombinasi. Apapun desain tendanya, glamping pasti menghubungkan kita ke alam terbuka.

Tidak semua bentuk akomodasi glamping mengikuti desain populer. Sebagian lokasi glamping di Indonesia masih mengusung tenda tradisional, tetapi fasilitas dan layanannya dibuat selevel hotel berbintang.

Glamping Bogor Terdekat dari Jakarta

Berikut enam lokasi glamping Bogor yang asyik karena relatif dekat dengan ibu kota. Kita yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya bisa menjadikan salah satu lokasi glamping Bogor ini sebagai destinasi liburan akhir pekan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Glamping Roso Mulyo Sentul

Glamping Rosomulyo Sentul hanya berjarak 60 kilometer (km) dari pusat ibu kota dan dapat ditempuh maksimal perjalanan 1 jam 27 menit. Alamatnya di Jalan Raya Cijayanti, Bojongkoneng, Sentul Selatan, Babakan Madang, Bogor.

Villa Roso Mulyo Sentul menyajikan penginapan berupa tenda kamping (dome) atau glamping. Fasilitasnya lengkap sesuai kebutuhan, mulai dari tenda dome, matras, sleeping bag, aula, lapangan, kolam renang, juga makan prasmanan hingga tiga kali, snack, dan air mineral.

Glamping Roso Mulyo Sentul/ Foto: Villa Roso Mulyo Sentul
Glamping Roso Mulyo Sentul/ Foto: Villa Roso Mulyo Sentul

Paling asik ke glamping Bogor satu ini bersama tim atau keluarga besar. Ada lapangan luas yang bisa mengakomodasi kegiatan lain selama kita berkemah, seperti fun games, team building, dan paintball. Selain glamping, kita juga bisa menginap di akomodasi lain berupa vila.

2. Alang Alang Nature Camp

Alang Alang Nature Camp berlokasi di Kavling Auri, Desa Ciconggang, Kelurahan Sukaharja, Cijeruk, Bogor. Jaraknya hanya 67 km dari Jakarta Pusat dan dapat ditempuh 1 jam 47 menit perjalanan.

Alang Alang Nature Camp/ Foto: @alang_alangnaturecamp
Alang Alang Nature Camp/ Foto: @alang_alangnaturecamp

Glamping Bogor di Alang Alang Nature Camp lebih modern karena tidak menggunakan tenda atau dome berbahan coted polyester, melainkan pondok kayu beratap jerami. Lokasi kamping ini dikelilingi perbukitan.

Tidak jauh dari area kamping terdapat air terjun tersembunyi. Kita bisa mandi dan bermain air di sana. Ada dapur, ruang tamu, bahkan kolam renang luar ruangan yang bisa dipakai bersama.

3. Gunung Geulis Campsite

Gunung Geulis Campsite berlokasi di Jalan Raya Golf Gunung Geulis, Kampung Babakan Sirna, Desa Pasir Angin, Bogor. Ini termasuk ke dalam Kawasan Megamendung, tetapi tidak terlalu dekat ke Puncak, melainkan relatif dekat ke ibu kota.

Jaraknya sekitar 64 km dari Jakarta Pusat dan dapat ditempuh 1 jam 23 menit perjalanan. Lokasinya cocok untuk glamping bersama keluarga.

Gunung Geulis Campsite/ Foto: @gununggeuliscampsite
Gunung Geulis Campsite/ Foto: @gununggeuliscampsite

Tendanya besar. Ada kolam renang dari air pegunungan, bukan air kaporit. Pemandangannya asri karena berada di antara dua taman nasional (TN) yaitu Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan TN Halimun Salak.

Pilihan tendanya ada berupa dome, semi permanen dengan kamar mandi di dalam, atau pondokan permanen. Kita bisa bawa makanan sendiri, atau beli di tempat.

4. Glamping Gunung Pancar (The Carpenter Outdoor)

Glamping Gunung Pancar (The Carpenter Outdoor) berlokasi di Sentul, Gunung Pancar, Bogor. Jarak tempuhnya 1 jam 26 menit atau sekitar 60 km dari pusat ibu kota.

Glamping Bogor satu ini sangat cocok untuk keluarga. Kita bisa menginap sambil membuat api unggun, bermain di air terjun, hingga permainan glamping fun.

Glamping Gunung Pancar/ Foto: @thecarpenteroutdoor
Glamping Gunung Pancar/ Foto: @thecarpenteroutdoor

Tenda glampingnya sudah dilengkapi listrik, lampu, kipas angin, dan bisa diisi maksimal empat orang dewasa. Alas tidurnya berupa kasur sponge dan bantal.

Ada meja dan kursi di luar tenda diterangi lampu gantung. Ini sudah termasuk ke dalam biaya penginapan. Asyiknya kita bisa meminta ranger the Carpenter Outdoor untuk menemani kita tracking keliling hutan selama 20 menit.

5. Herman Lantang Camp

Herman Lantang Camp hanya berjarak 70 km dari pusat ibu kota. Lokasinya dapat ditempuh 1 jam 51 menit perjalanan, tepatnya di Jalan Gunung Malang, Curug Nangka, Ciapus, Bogor. Kita bisa memilih private glamping suite dengan dua queen bed atau private glamping VIP yang full package.

Herman Lantang Camp/ Foto: @hermanlantangcamp
Herman Lantang Camp/ Foto: @hermanlantangcamp

Curug Nangka adalah air terjun bertingkat yang menjadi daya tarik utama lokasi glamping Bogor satu ini. Air terjun ini salah satu destinasi favorit di Jawa Barat.

Sesekali kita akan melihat kera-kera ramah yang berkeliaran. Tenang, mereka tidak suka menyerang pengunjung kok. Kita tak hanya menginap di tenda, melainkan juga bisa tracking di hutan yang padat dan hijau sekelilingnya.

6. Leuweung Geledegan Ecolodge

Leuweung Geledegan Ecolodge berlokasi di Jalan Tamansari Nomor 17, Ciapus, Bogor. Jarak tempuhnya 1 jam 48 menit dari Jakarta Pusat atau 67 km. Glamping di sini dikemas dengan layanan sekelas hotel berbintang.

Leuweung Geledegan Ecolodge/ Foto: @lge_bogor
Leuweung Geledegan Ecolodge/ Foto: @lge_bogor

Dari Leuweung Geledegan Ecolodge, kita bisa menikmati pemandangan hutan hijau khas kaki Gunung Salak. Luasanya mencapai 3,1 hektare (ha) dengan total 82 unit pondok dan lokasi outbound seluas satu ha.

Fasilitasnya lengkap, bahkan menyediakan ruang pertemuan, coffee shop, sungai tematik, area bermain anak, hingga venue pernikahan.

Bagaimana? Adakah glamping Bogor favoritmu?

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mom blogger yang menjadikan ketiga anaknya inspirasi utama dalam menulis.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image