Ada Replika Negara-Negara Eropa di Harau Dream Park

Wisata  
Wisata Kampung Eropa di Harau Dream Park
Wisata Kampung Eropa di Harau Dream Park

Payakumbuh tak hanya terkenal dengan wisata Padang Mangateh, Gua Ngalau Indah, Panorama Ampangan, dan Puncak Marajo. Ibu kota Kabupaten Lima Puluh Kota itu kini dikenal sebagai destinasi utama Ranah Minang sejak Harau Dream Park diresmikan 2018.

Harau Dream Park merupakan wisata artifisial yang terletak di Lembah Harau, tepatnya di Kampuang Sarosah, Kecamatan Harau. Jaraknya 47,7 kilometer dari Kota Bukittinggi via Jalan Raya Bukit Tinggi - Payakumbuh. Lokasinya bisa diakses dengan kendaraan roda dua dan roda empat selama kurang lebih satu jam perjalanan.

Pengunjung bisa menikmati sensasi berada di Benua Eropa. Sejumlah replika negara-negara Eropa dihadirkan dalam bentuk wisata di Kampung Eropa. Ada replika Menara Eiffel dan Piramida Louvre dari Paris, jam Big Ben dan kotak telepon umum merah ikon London, stonehenge dari Salisbury, kincir angin dari Amsterdam, dan sebagainya. Kita bisa berkeliling Eropa tanpa perlu menggunakan pesawat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Eropa dalam lanskap Lembah Harau
Eropa dalam lanskap Lembah Harau

Lembah Harau adalah lanskap alam yang memukau, salah satu objek wisata unggulan di Kabupaten Lima Puluh Kota. Kekayaan alamnya unik, didominasi tebing-tebing tinggi dan air terjun yang potensial dikembangkan sebagai objek ekowisata.

 

Pemerintah pusat dan daerah telah membagi kawasan ini ke dalam sejumlah zonasi, seperti zona inti, zona penyangga, dan zona pemanfaatan. Luasnya mencapai 669 hektare. Semua demi terjaganya kelestarian alam dan praktik wisata berkelanjutan yang memerhatikan aspek ekologis.

Tebing-tebing Harau dengan kemiringan 90 derajat
Tebing-tebing Harau dengan kemiringan 90 derajat

Vegetasi Lembah Harau masuk ke dalam tipe ekosistem hutan hujan campuran. Beberapa jenis satwa, khususnya mamalia yang terdapat kawasan konservasi berstatus cagar alam dan taman wisata alam ini, antara lain kambing hutan (Capriconus sumatrensis), rusa sambar (Cervus unicolor), harimau sumatra (Panthera tigris sumatrensis), harimau dahan (Neofelis nebusula), siamang (Hylobates syndactilus), tapir (Tapiru sindicus), kancil (Tragulus javanicus), dan beruang madu (Helarctos malayanus). Ada juga aneka jenis burung dan kupu-kupu.

Desa di tengah lembah
Desa di tengah lembah

Tebing-tebing Lembah Harau terdiri dari berbagai ketinggian, mulai dari 100 meter hingga 500 meter. Kemiringannya hampir 90 derajat.

Pengunjung Harau Dream Park dikenakan tiket masuk Rp 20-25 ribu per orang. Harga bisa berubah sewaktu-waktu bergantung kebijakan pengelola dan perkiraan musim kunjungan.

Aktivitas wisata di sini bukan hanya berswafoto. Pengunjung bisa bersampan mengelilingi sungai kecil dalam kawasan, memberi makan ikan, flying fox, dan sepeda terbang yang aman bagi segala usia.

Bosan di Kampung Eropa? Mampir ke sebelahnya, yaitu wisata budaya di Kampung Korea. Pengunjung bisa merasakan sensasi mengenakan pakaian tradisional Negeri Gingseng. Masing-masing objek tambahan ini dikenakan biaya terpisah.

Satu hari rasanya tak cukup berada di Harau Dream Park. Pengunjung yang ingin bermalam tak perlu khawatir dengan penginapan. Ada banyak pilihan hotel, vila, dan homestay di dalam dan luar kawasan. Harganya terjangkau dan bersaing.

Salah satu area homestay dalam kawasan Harau Dream Park
Salah satu area homestay dalam kawasan Harau Dream Park

Fasilitas umum di kawasan wisata juga lengkap. Ada musala, toilet, restoran, warung makan, balai-balai tempat bersantai, dan toko penjualan suvenir.

Destinasi wisata populer di Sumatra Barat ini buka setiap hari, yaitu Senin-Jumat pukul 09.00-17.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 08.00-17.00 WIB.

Harau Dream Park tergolong ramah untuk anak-anak dan lansia. Akses masuk kawasan relatif datar dan diaspal. Namun, wisatawan lansia dan anak-anak, khususnya bayi sebaiknya dibantu kursi roda dan kereta bayi atau stroller. Kawasan wisata ini cukup luas sehingga cukup melelahkan jika berjalan kaki. Yuk, rencanakan liburanmu ke Harau Dream Park.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Parenting dan lifestyle blogger yang senang menuangkan kisahnya di www.muthebogara.blog

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image