Jakarta Escape Citypark Hadirkan Hutan Bambu Ala Arashiyama Jepang

Wisata  
Hutan bambu Jakarta Escape Citypark
Hutan bambu Jakarta Escape Citypark

Jakarta Escape Citypark atau Rumah Perubahan adalah tempat wisata hits terbaru di Kota Bekasi. Ruang terbuka hijau yang berlokasi di dekat exit Tol Jatiwarna, Kecamatan Pondok Melati ini memiliki sejumlah destinasi, salah satunya hutan bambu.

Hutan bambu yang didominasi bambu-bambu lokal ini sepintas menghadirkan nuansa Arashiyama, destinasi wisata hutan bambu paling terkenal di Jepang. Beberapa jenis bambu yang ditanam di Jakarta Escape Citypark adalah bambu ampel, bambu kuning, bambu gombong, dan bambu hitam.

Usia tanamnya baru satu tahun, sementara tinggi bambunya baru maksimal setelah berusia minimal dua tahun.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Apa bedanya hutan bambu di Indonesia dengan Jepang?

Jawabannya terletak pada pola pertunasannya. Tunas bambu atau rebung di Jepang, dikenal dengan sebutan takenoko tumbuh berjauhan satu sama lain atau monopodial. Tanaman bambu di Negara Matahari Terbit ini cenderung tunggal, saling berjauhan antara batang bambu satu dengan batang bambu lainnya.

Beda hal dengan bambu Indonesia yang tunasnya berumpun atau simpodial. Mirip dengan pola guyub masyarakat Indonesia yang suka berkumpul dan bergotong royong ya.

Hutan bambu di Jakarta Escape Citypark dikombinasikan dengan sejumlah kandang hewan, seperti kelinci, kambing, domba, kalkun, dan rusa. Pengunjung diajak menikmati wisata alam sekaligus wisata satwa di sini.

Buat kamu yang hendak masuk ke area hutan bambu ini cukup membayar tiket masuk Rp 30 ribu per orang. Jumlah ini sudah termasuk wortel gratis yang bisa diberikan untuk kambing, domba, dan rusa yang ada di dalam hutan.

Selain itu, pengunjung teredukasi lewat pengenalan berbagai jenis tanaman kehutanan, seperti pohon jabon, kayu putih, kueni, tanaman anggrek, palem-paleman, pisang-pisangan, dan pakis-pakisan. Pengelola juga menyiapkan papan interpretasi berupa nama lokal dan nama ilmiah untuk setiap jenisnya.

Berada di dalam hutan bambu Jakarta Escape Citypark enggak akan membuatmu kepanasan. Padahal, cuaca Bekasi sangat panas.

Bambu penyimpan oksigen terbaik
Bambu penyimpan oksigen terbaik

Mengapa bisa demikian? Alasannya bambu merupakan tanaman kehutanan yang paling bagus menyimpan oksigen, setara 62 ton oksigen per tahun.

Hutan bambu dalam luasa satu hektare (ha) bisa menyerap 88 ton karbon dioksida per tahun. Jumlahnya 35 persen lebih banyak dari hutan tanaman lain dengan luasan sama. Inilah kenapa pengunjung selalu merasa sejuk saat berada di dalam hutan bambu.

Selesai bertualang di hutan bambu, tepat di pintu keluar pengunjung disajikan hidangan teh bunga telang gratis. Khasiat teh berwarna ungu ini sangat bagus untuk kesehatan, yaitu membantu menurunkan berat badan, melawan kanker, memperbaiki suasana hati, serta menguatkan jantung.

Selain hutan bambu, Jakarta Escape Citypark memiliki banyak spot wisata. Salah satu aktivitas favorit pengunjung adalah piknik di Sunday Market yang hadir setiap akhir pekan, Sabtu dan Minggu, pukul 07.00-20.00 WIB.

Lebih dari 20 tenant yang seluruhnya pelaku UMKM Kota Bekasi menjajakan makanan dan minuman di sini. Ada aneka soto, pecel, gudeg, nasi bakar, kwetiau, pempek, es durian, es pisang hijau, dan sebagainya.

Salah satu sudut hijau di Jakarta Escape Citypark, Bekasi.
Salah satu sudut hijau di Jakarta Escape Citypark, Bekasi.

Pecinta kopi juga bisa nongkrong di Breezy Café. Ada beragam kopi lokal bisa kamu seruput di sini sembari berkumpul bersama sahabat dan orang-orang terkasih atau sekadar work from nature.

Penasaran? Datang saja ke Jakarta Escape Citypark di Jalan Mabes 2 Nomor 5, Jatimurni, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi. Selamat piknik.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mom blogger yang menjadikan ketiga anaknya inspirasi utama dalam menulis.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image