Tujuh Hewan Ini Menyukai Bunga Seperti Manusia

Lingkungan  
Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2022
Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2022

Beberapa jenis hewan suka mengonsumsi tumbuhan, khususnya bunga karena rasanya manis. Aroma bunga juga nikmat, ditambah banyak pilihan kelopak, daun, dan madu yang bewarna-warni.

Bunga adalah hadiah terindah diberikan alam untuk manusia. Setiap tahun pada 5 November, kita memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional.

Nah, kali ini kita akan melihat tujuh jenis hewan yang sangat menyukai bunga seperti manusia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Kupu-kupu

Kupu-kupu adalah serangga penyuka bunga. Kita bisa melihat mereka terbang rendah di taman atau padang rumput sambil mengitari bunga bewarna-warni.

Ribuan jenis kupu-kupu, termasuk ngengat bergantung pada tumbuhan, khususnya bunga. Mereka terpesona aroma, warna, dan struktur bunga. Manusia pun senang melihat kuku-kupu yang terbang di atas bunga.

Indonesia sampai saat ini memiliki lebih dari 1.900 jenis kupu-kupu. Angka tersebut setara dengan 10 persen jenis kupu-kupu di dunia.

2. Kepik

Kepik disebut juga lady bug adalah serangga kedua penyuka bunga. Kumbang kecil ini tertarik dengan bunga, bahkan disebut sahabat bunga.

Ya, kepik membantu penyerbukan bunga sekaligus melindungi bunga dari kutu daun dan tungau. Kepik akan memakani hama berupa larva yang menempel pada bunga.

3. Lebah

Lebah menyukai bunga dan tanaman secara umum karena keindahan dan rasanya yang manis. Kita sering melihat dengungan lebah secara berkelompok keluar dan masuk taman bunga.

Mereka memakani nektar dari bunga, tetapi sebagai balas jasa, lebah membantu penyerbukan bunga. Sebagian besar tanaman bunga di dunia berkembang biak berkat bantuan lebah.

Ada lebih dari 250 jenis lebah di seluruh dunia. Mereka hadir menyempurnakan perkembangbiakan bunga.

Kita mengenal sebutan lebah madu. Mereka adalah serangga sosial yang hidup berkoloni dengan jumlah 10 ribu sampai 60 ribu ekor.

Koloni lebah madu terdiri dari ratu lebah, lebah jantan, dan lebah pekerja. Satu koloni hanya memiliki satu ekor lebah ratu.

4. Kadal

Iya, kadal. Siapa yang menyangka jika reptil satu ini menyukai bunga. Kadal senang melompat dan bermain sekitar tanaman bunga.

Kadal ternyata membantu penyerbukan juga loh. Serbuk-serbuk sari yang menempel di kaki mereka membantu bunga berkembang biak.

Kadal di sini maksudnya kadal kecil, seperti bengkarung atau kadal kebun. Jenis lainnya adalah bunglon, cicak terbang, dan tokek. Kadal yang menyukai bunga tidak termasuk kadal besar, seperti komodo, biawak, dan iguana.

5. Kucing

Kita pasti pernah melihat kucing mengeluskan tubuhnya pada tanaman atau mencium aroma bunga. Kucing suka mencium aroma mawar, bunga aster, catnip, zaitun, chamomile, dan lavender.

Pada 2018, Indonesia pernah dinobatkan sebagai negara dengan jumlah kucing terbanyak di dunia. Masyarakat Indonesia menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan paling banyak, mencapai 59 persen di rumah, berdasarkan hasil survei Rakutan Insight.

6. Ulat

Ulat menyukai bunga bukan hanya karena ingin memakannya. Ulat mendapat nutrisi penting dari bunga.

Beberapa jenis bunga menjadi rumah ideal bagi ulat. Ulat dewasa suka bertelur di dedaunan. Namun, ada juga spesies ulat yang merusak dedaunan bunga. Kita hanya perlu melihat mana ulat yang harus disingkirkan dan mana yang bisa dibiarkan.

7. Burung

Indonesia saat ini memiliki 1.818 jenis burung, berdasarkan survei Burung Indonesia 2022. Jumlah ini setara 17 persen dari total jenis burung yang ada di seluruh dunia yang mencapai 9.700 jenis.

Mayoritas burung menyukai bunga. Burung salah satu makhluk yang senang terhubung dengan bunga-bunga indah.

Mereka suka terbang bersama kawanannya, khususnya memasuki musim migrasi. Dalam hal ini, burung membantu penyerbukan tanaman.

Selain nektar yang manis, burung juga menyukai tanaman buah. Mereka senang tanaman bewarna merah, kuning, dan biru. Nah, kalau kita ingin banyak burung bermain ke pekarangan, tanamilah bunga beraneka warna, khususnya merah. Mereka pasti menyukainya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mom blogger yang menjadikan ketiga anaknya inspirasi utama dalam menulis.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image